News
Minggu, 4 Desember 2016 - 11:38 WIB

MENTERI SUSI : Guyon Ganjar: Undip Beri Doktor pada Orang "Tak Berpendidikan"

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menteri Susi Pudiastuti didampingi dua anaknya, Nadine Kaiser dan Alvy Xavier, serta menantu Ari Nursanti (istri almarhum Panji Hilmansyah) di Gedung Prof. Soedarto Undip Tembalang, Semarang, Sabtu (3/12/2016). (Pamudji Tri Nastiti/JIBI/Bisnis)

Menteri Susi Pudjiastuti menjadi doktor honoris causa. Ganjar pun guyon dengan menyebut Undip memberikan gelar doktor pada orang “tak berpendidikan”.

Solopos.com, SEMARANG — Susi Pudjiastuti mendapatkan gelar Doctor Honoris Causa dari Universitas Diponegoro Semarang. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai penganugerahan gelar kehormatan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan tersebut sebagai sebuah gebrakan.

Advertisement

Ganjar menjadi tokoh pertama yang berkesempatan memberikan ucapan selamat melalui sambutannya, tepat setelah Menteri Susi turun mimbar. Saat itu, Susi baru saja mengemukakan pidato penganugerahan gelar yang berjudul Pemberantasan Illegal, Unreported, and Unregulated Fishing: Menegakkan Kedaulatan dan Menjaga Keberlanjutan untuk Kesejahteraan Bangsa Indonesia, Sabtu (3/12/2016).

“Saya orang pertama yang mengucapkan di mimbar kepada Honoris Causa Susi ‘Kontroversi’ Pudjiastuti,” ucapnya disambut gelak tawa hadirin yang hadir di Gedung Prof. Soedarto Undip Tembalang, Semarang.

Gubernur Jateng mengakui, sebelumnya ia mendapatkan berbagai cerita dari dua sahabat Menteri Susi. Cerita itu terkait masa remaja menteri asal Pangandaran, Jawa Barat, itu saat mengenyam pendidikan SMA Negeri I Yogyakarta. Pendidikan menengah itu hanya ditempuh Susi selama dua tahun.

Advertisement

“Dari dua sahabatnya semasa di SMA Teladan Yogyakarta, saya mendapat cerita kalau Ibu Susi itu cerdas tetapi susah diatur. Dua sahabat itu satu almamater saya di kampus, yaitu Kombes Polisi Arifin Cahyo, dan Ibu Dwikorita Rektor UGM,” ungkapnya.

Menurut Ganjar, pemberian gelar Doctor Honoris Causa oleh Undip adalah langkah yang tidak biasa. “Undip membuat gebrakan yang luar biasa, karena memberikan gelar Honoris Causa kepada seseorang yang ‘tidak berpendidikan’,” ujarnya dibalut guyonan.

Menteri Susi menerima penganugerahan doktor kehormatan yang dihadiri Senat Undip dan Rektor beserta jajarannya. Hadir pula Menristek Dikti M. Natsir, Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek, Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga, Duta Besar Denmark untuk Indonesia Casper Klynge, juga Ketua Ikatan Alumni Undip sekaligus Direktur Utama Bank BTN Maryono.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif