Teknologi
Minggu, 4 Desember 2016 - 15:10 WIB

KISAH UNIK : Dimakamkan 2.100 Tahun Lalu, Jasad Wanita Ini Masih Utuh

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Patung Lady Day (Dailymail)

Kisah unik membahas tentang jasad seorang wanita yang masih utuh meski telah dimakamkan selama 2.100 tahun. 

Solopos.com, HUNAN – Meski telah dimakamkan selama 2.100 tahun, jasad Lady Dai, seorang wanita asal Tiongkok masih memiliki kulit yang halus dan bulu mata indah. Bukan hanya itu, kondisi lengan, kaki, serta rambutnya pun masih tampak baik, layaknya jasad seseorang yang baru saja dimakamkan.

Advertisement

Wanita yang memiliki nama asli Xin Zhui merupakan istri dari Marquis of Day, seorang bangsawan yang hidup pada masa Dinasti Han. Seperti diwartakan Dailymail, Kamis (1/12/2016), penyebab kematian Lady Dai diduga karena gaya hidupnya yang kurang sehat. Ia menderita tekanan darah tinggi, penyumbatan pembuluh darah, dan mengalami kerusakan hati.

Mumi Xin Zhui (Dailymail)

Makam Lady Dai baru ditemukan di sebuah bukit daerah Hunan, Tiongkok, oleh para pekerja yang berusaha mencari tempat perlindungan dari serangan udara. Mereka membongkar makam dan membawa mumi itu ke rumah sakit untuk diperiksa lebih lanjut.

Advertisement

Beberapa dokter yang memeriksa mumi itu sangat terkejut karena jasad yang masih tampak baik. Para dokter mengatakan jasad Lady Dai masih lengkap karena telah diawetkan dengan proses yang sangat baik. Berdasarkan hasil pemeriksaan, dokter menyimpulkan jika Lady Dai meninggal di usia 50 tahun.

Jasad Ladi Day dikubur bersama lemari yang berisi 100 pakaian sutra, 160 ukiran kayu yang menggambarkan para pelayannya, alat makeup, dan peralatan mandi. Sedangkan tubuh Lady Dai dibungkus dengan 20 lapisan kain sutra yang kemudian ditaruh dalam empat peti mati yang disegel dengan campuran arang dan tanah liat. Hal itu dilakukan guna membuat jasadnya tahan terhadap air dan bakteri. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

Advertisement

 

 

Advertisement
Kata Kunci : KISAH MISTERI Kisah Unik
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif