Jateng
Sabtu, 3 Desember 2016 - 07:50 WIB

KAMPUS DI SEMARANG : Tak Lulus SMA, Susi Pudjiastuti Raih Gelar Doktor

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu)

Kampus di Semarang, Universitas Diponegoro (Undip), menganugerahkan gelar doktor kehormatan atau honoris causa (HC) kepada Susi Pudjiastuti yang bahkan tak lulus SMA.

Semarangpos.com, SEMARANG — Susi Pudjiastuti memang tak lulus SMA, namun kiprahnya yang mengagumkan sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan membuat Universitas Diponegoro (Undip) menganugerahinya gelar doktor kehormatan atau honoris causa (HC).

Advertisement

“Gelar doktor adalah gelar akademik. Maka kami menilainya [Menteri Susi Pudjiastuti] juga secara akademik,” kata Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama di Semarang, Jumat (2/12/2016).

Penyematan gelar doktor kehormatan Undip kepada Susi Pudjiastuti itu dijadwalkan dilangsungkan Sabtu (3/12/2016) ini di Gedung Prof. Sudharto, kampus Undip Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Susi dalam kesempatan itu akan menyampaikan pidato pengukuhan berjudul Pemberantasan Illegal, Unreported, and Unregulated Fishing: Menegakkan Kedaulatan dan Menjaga Keberlanjutan Untuk Kesejahteraan Bangsa Indonesia.

Menurut Rektor Yos Johan Utama, aspek akademik yang dimaksud dalam penganugerahan gelar doktor kehormatan atau honoris causa (HC) bagi Susi Pudjiastuti adalah metode dalam melakukan suatu kebijakan yang selama ini dilakukannya sehingga bukan semata-mata karena menjabat sebagai menteri.

Advertisement

Ada beberapa aspek akademik dalam kebijakan Susi, kata dia, yakni kedaulatan, mengingat Indonesia adalah negara kepulauan terbesar sehingga kedaulatan adalah sangat penting. “Kedua, keadilan. Bu Susi melihat bagaimana praktik yang selama ini terjadi di lapangan, khususnya di bidang kelautan dan perikanan sehingga berupaya menciptakan keadilan,” katanya.

Kebijakan Susi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, lanjut dia, juga didasari aspek sustainable (berkelanjutan), salah satunya larangan penangkapan lobster dan kepiting di bawah 200 gram. Selain itu, kata dia, Susi juga mendasarkan kebijakannya untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya nelayan yang kesemuanya dilihat dalam praktiknya di lapangan.

“Meski tidak lulus SMA, kami melihat Bu Susi memenuhi dalam penilaian secara akademis. Apalagi, beliau juga mendapatkan sertifikat BSNP dengan nilai atau level sembilan,” katanya.

Advertisement

Artinya, kata Yos, Susi layak untuk mendapatkan gelar doktor kehormatan secara akademis atas jasa dan kiprahnya selama ini dalam memajukan bidang kelautan dan perikanan Indonesia. Sementara itu, Ketua Senat Akademik Undip Prof Sunarso membenarkan telah memberikan persetujuan atas permohonan pengusulan penganugerahan gelar doktor kehormatan kepada Susi Pudjiastuti.

“Rangkaian prosesnya panjang, diawali usulan Dekan dan Senat Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan [FPIK] Undip karena melihat prestasi yang luar biasa dalam bidang yang digelutinya,” katanya. Apalagi, kata dia, diperkuat pula dengan sertifikat BSNP yang mampu diraih Susi dengan level sembilan, atau skor yang setara doktor sehingga layak apabila mendapatkan gelar doktor kehormatan.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif