Jateng
Sabtu, 3 Desember 2016 - 11:50 WIB

CAGAR BUDAYA GROBOGAN : Ribuan Koin Kuno Ditemukan di Desa Wisata Banjarejo

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ribuan keping koin kuno ditemukan di Desa Wisata Banjarejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan, Jateng, Senin (28/11/2016). (Grobogan.go.id)

Cara budaya berupa ribuan keping koin kuno ditemukan di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus yang merupakan desa wisata di Kabupaten Grobogan.

Semarangpos.com, PURWODADI – Benda cagar budaya berupa ribuan keping koin kuno ditemukan ditemukan di Desa Wisata Banjarejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (Jateng), Senin (28/11/2016). Penemuan ribuan keping koin itu dipaparkan Kepala Desa (Kades) Banjarejo Ahmad Taufik.

Advertisement

“Diperkirakan, koin ini merupakan peninggalan Dinasti Tang yang berdiri pada abad VI-IX. Sebelumnya, sudah ada penemuan koin seperti ini tetapi jumlahnya tidak sampai ribuan,” jelas Taufik seperti dikutip laman resmi Pemerintah Kabupaten Grobogan, Senin (28/11/2016).

Ia juga menjelaskan benda cagar budaya itu ditemukan di sebuah ladang di utara Dusun Kuwojo, Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Grobogan, Jateng. Ia memaparkan saat koin kuno itu ditemukan kawasan ladang tersebut sedang ditata dengan dikeruk menggunakan alat berat.

Di tengah aktivitas penataan ladang tersebut, lanjutnya, salah seorang pekerja sempat melihat ada sebuah karung yang terlihat dari bekas pengerukan tanah. Ketika diperiksa, ternyata karung tersebut berisi ribuan koin kuno.

Advertisement

“Pekerja ini kemudian menghubungi saya untuk mengabarkan penemuan ini. Selanjutnya, beberapa anggota komunitas pencinta fosil meluncur ke sana untuk mengevakuasi benda yang ditemukan. Prosesnya dilakukan hati-hati lantaran karung pembungkus koin sudah rapuh dan sobek-sobek karena lama tertimbun tanah,” ujar Taufik.

Setibanya di rumah sang kades, koin itu kemudian dibersihkan dari kotoran yang melekat. Setelah bersih dan kering, koin itu sempat ditimbang dan diketahui berat total benda cagar budaya Grobogan tersebut mencapai 25 kg.

Koin yang ditemukan tersebut rata-rata memiliki diameter 2,5 cm dan memiliki lubang berbentuk persegi di bagian tengahnya. Koin tersebut diperkirakan terbuat dari tembaga karena warnanya yang kuning kecokelatan. Pada satu sisi koin, terdapat empat buah huruf yang diperkirakan sebagai huruf China, sedangkan sisi lainya polos.

Advertisement

Penemuan ribuan keping koin kuno tersebut menambah koleksi benda bernilai sejarah untuk Desa Wisata Banjarejo. Desa Banjarejo dikembangkan menjadi sebuah desa wisata karena banyaknya benda purbakala seperti fosil dan benda cagar budaya lainnya yang ditemukan di desa tersebut. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif