Jateng
Jumat, 2 Desember 2016 - 11:50 WIB

Gubernur Jateng Raih Penghargaan Lagi, Kali Ini Adhikarya Pangan Nusantara

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo. (Instagram-@ganjar_pranowo)

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo langganan penghargaan, kali ini ia dianugerahi Adhikarya Pangan Nusantara.

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bukan sekali meraih penghargaan. Kali ini, dia kembali meraih penghargaan, yakni Adhikarya Pangan Nusantara karena dianggap sebagai pembina ketahanan pangan.

Advertisement

“Bapak Gubernur memperoleh penghargaan APN atas kontribusinya dalam mewujudkan ketahanan pangan, kemandirian pangan, dan kedaulatan pangan nasional,” kata Kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah Whitono di Semarang, Kamis (1/12/2016).

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo juga dinilai melakukan inovasi dan terobosan dalam memajukan sektor pangan. Menurut dia, penghargaan yang diterima tidak terlepas dari peran banyak pihak, mulai dari petani, penyuluh, hingga jajaran dinas dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait.

“Penilaian penghargaan kali ini lebih bagus karena untuk kategori pembina ada ketentuan minimal menjabat sebagai kepala daerah selama tiga tahun. Jadi, semua yang dilakukan benar-benar di bawah kendali kepala daerah yang bersangkutan, bukan pimpinan terdahulu,” ujarnya.

Advertisement

Indikator yang menjadi penilaian antara lain, keberhasilan melaksanakan tugas pokoknya dalam penyelenggaraan pemerintahan seperti pelayanan, regulasi, prakarsa dan fasilitasi untuk mewujudkan kedaulatan pangan, termasuk pengelolaan sumber daya manusia pertanian.

“Produksi padi surplus dan terus meningkat. Jagung juga meningkat walaupun belum mencukupi kebutuhan. Kedelai pun begitu. Bahkan, Menteri Pertanian juga menyampaikan untuk padi, sampai akhir tahun kita tidak perlu impor beras karena produksi bertambah dari daerah-daerah, termasuk Jateng,” katanya.

Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara diserahkan Presiden Joko Widodo selaku Ketua Dewan Ketahanan Pangan Nasional kepada Gubernur melalui Wakil Gubernur Heru Sudjatmoko di Istana Negara, Rabu (29/11/2016).

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif