Soloraya
Kamis, 1 Desember 2016 - 19:00 WIB

Truk Terguling di Jalan Jogja-Solo, Aspal Genangi Sawah

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Truk tangki pengangkut aspal curah terguling di jalan raya Jogja-Solo, Dukuh Jabungan, Desa Gondang, Kecamatan Kebonarum, Kamis (1/12/2016). (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Sebuah truk pengangkut aspal terguling di jalan Jogja-Solo. Akibatnya, aspal menggenangi sawah di sekitar tempat kejadian.

Solopos.com, KLATEN — Sebuah truk bermuatan aspal curah terguling di jalan Jogja-Solo, Kamis (1/12/2016) pagi. Akibatnya, aspal membanjiri jalan dan area persawahan di dekat tempat kejadian.

Advertisement

Informasi yang dihimpun Solopos.com, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 04.00 WIB. Truk tangki bernopol H 1857 FA awalnya melaju dari arah Jogja menuju Klaten/Solo. Diduga, truk terguling lantaran mencoba menghindari sebuah kol bermuatan pasir yang mengerem mendadak di wilayah Dukuh Jabungan, Desa Gondang, Kecamatan Kebonarum.

Sopir truk, Suranto, yang berasal dari Kebumen, kaget dan mencoba membantingkan kemudi truk ke kanan guna menghindari kecelakaan dengan kol tersebut. Namun, truk justru terguling sehingga tangki bermuatan 50 ton aspal itu bocor. Akibatnya, aspal membanjiri jalan serta sawah.

“Kondisi sopir sama kerneknya tidak terluka. Awalnya truk itu sudah diderek, tetapi susah terangkat. Aspal sampai menggenangi sawah yang sudah memasuki masa tanam. Kalau sawah ini milik kas desa yang disewa warga,” kata salah satu warga, Priyono.

Advertisement

Berdasarkan pantauan Solopos.com, jalan masuk ke wilayah Dukuh Jabungan dibanjiri aspal curah. Selain itu, sebagian lahan pertanian di wilayah tersebut ikut dibanjiri aspal. Badan truk yang memenuhi separuh jalan raya Jogja-Solo membuat arus lalu lintas di wilayah tersebut tersendat hingga 2 km.

Petugas Laka Lantas Satlantas Polres Klaten, Ipda Imam Muslim, menjelaskan evakuasi truk menunggu bantuan mobil derek dari Solo. Ia menegaskan tak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

“Truk mengangkut aspal curah dari Cilacap menuju Pedan, Klaten. Tidak ada korban jiwa dari kejadian ini,” kata dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif