Soloraya
Kamis, 1 Desember 2016 - 16:00 WIB

DEMO 2 DESEMBER : Dilepas Kapolresta Solo, 2.200 Orang Berangkat ke Jakarta

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ribuan orang memadati area Masjid Istiqlal seusai melaksanakan salat Jumat dan bersiap memulai aksi 4 November di Jakarta, Jumat (4/11/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Paramayuda)

Sebanyak 2.200 orang berangkat dari Solo ke Jakarta untuk ikut dalam demo 2 Desember. Keberangkatan mereka dilepas Kapolrestas Solo.

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 2.200 orang yang tergabung dalam elemen muslim Solo berangkat ke Jakarta mengikuti aksi damai di Lapangan Monas, Jakarta, Kamis (1/12/2016). Keberangkatan ratusan orang tersebut dilepas langsung Kapolresta Solo di Kantor Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS), Pajang, Laweyan.

Advertisement

Ketua Umum DSKS, Mu’inudinillah Basri, mengatakan sebanyak 2.200 orang tersebut berangkat ke Jakarta [Kamis] pukul 12.30 WIB menggunakan 40 bus. Rombongan diperkirakan tiba di Jakarta [Jumat, 2/12/2016] pukul 04.00 WIB. “Kami sudah memperingatkan semua anggota yang ikut aksi di Lapangan Monas, Jakarta, agar tertib dan menjaga nama baik Kota Solo,” ujar Mu’inudinillah kepada wartawan, Kamis.

Basri mengatakan rombongan dari Solo langsung kembali ke Solo setelah aksi selesai. Hal itu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, Kapolresta Solo, Kombes Pol. Ahmad Luthfi, mengatakan sesuai dengan instruksi Kapolri dan Kapolda, polisi di daerah diperintahkan melakukan pengawalan warganya masing-maasing. Pengawalan ini sifatnya hanya biasa dan tidak ada tujuan menghalangi warga pergi ke Jakarta.

Advertisement

“Kami tidak mempersulit warga Solo yang akan ke Jakarta mengikuti aksi damai di Lapangan Monas hari Jumat,” ujar Luthfi.

Anggota polisi dari Satuan lalu lintas (Satlantas) Polresta mengawal rombongan sampai ke perbatasan Klaten. Pengawalan itu dilakukan untuk menghindari adanya sesuatu yang tidak diinginkan selama di perjalanan. “Kami sempat meminta anggota mengecek surat-surat kelengkapan kendaraan serta kesehatan sopir agar tidak terkena razia saat berada di jalan,” kata Luthfi.

Luthfi mengatakan sejumlah ormas Islam di Solo sudah ada yang mengajukan izin menggelar aksi damai pada Jumat besok. Lokasi aksi damai di Solo berada di Kawasan Stadion Sriwedari dan Majid Mujahidin, Sumber. “Kami memperkirakan jumlah peserta aksi mencapai ratusan orang. Polisi akan melakukan pengamanan selama pelaksanan aksi damai,” kata dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif