Soloraya
Kamis, 1 Desember 2016 - 12:35 WIB

BANJIR SOLO : Dampak Banjir, Order Servis Sepeda Motor Melonjak 3 Kali Lipat

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dua montir di salah satu bengkel di Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, memperbaiki sepeda motor yang mogok setelah terendam banjir yang melanda beberapa daerah di Soloraya, Rabu (30/11/2016). (Shoqib Angriawan/JIBI/Solopos)

Banjir Solo dan sekitarnya membuat banyak motor rusak kemasukan air.

Solopos.com, SOLO — Sejumlah bengkel di Solo terpaksa menolak order servis saking banyaknya antrean memperbaiki sepeda motor pascabanjir yang melanda kawasan Soloraya.

Advertisement

Pemilik bengkel Adi Karya Motor, Prasetyo, mengatakan peningkatan order servis sepeda motor hingga tiga kali lipat terjadi mulai Selasa (29/11/2016).  Biasanya, bengkel yang berada di kawasan Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, itu hanya menerima servis empat unit sepeda motor sehari, kali ini dia bisa mengerjakan hingga 12 unit sehari.

“Mulai Selasa kemarin banyak yang servis sepeda motor. Ini karena banyak motor yang mogok karena nekat menerjang banjir di beberapa daerah. Biasanya yang nekat-nekat ini adalah pekerja, karena jalan satu-satunya hanya itu dan tidak ada lainnya, padahal di jalan itu banjir,” katanya di bengkelnya, Rabu (30/11/2016).

Kendati ramai, dia tetap menerapkan tarif servis seperti biasa, yakni mulai Rp30.000. Prasetyo mengaku sempat menolak order servis dari pelanggan.

Advertisement

“Tenaganya yang menyervis hanya ada dua orang. Saya sempat menolak order dari pelanggan karena banyak yang antre. Bahkan, beberapa motor sampai menginap karena kami hanya buka sampai pukul 17.00 WIB,” katanya.

Dampak musibah banjir juga dirasakan di bengkel di kawasan Semanggi lainnya. Salah satu montir, Heri Dwiyanto, mengatakan orderan sepeda motor masyarakat mulai meningkat sejak Selasa pagi. Mayoritas sepeda motor yang mogok berasal dari luar Kota Solo.

“Mayoritas sepeda motor pelanggan rusak ringan, tidak bisa nyala karena kemasukan air. Biasanya hanya diservis bagian karburator dan dicek businya, selama ini belum ada yang sampai turun mesin karena rusak parah,” tutur dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif