Teknologi
Senin, 28 November 2016 - 11:45 WIB

Google Doodle Rayakan Ultah Suyadi "Pak Raden"

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Google Doodle Suyadi Pak Raden (Google)

Google Doodle hari ini menampilan ilustrasi Si Unyil karya besar Suyadi yang juga dikenal sebagai Pak Raden.

Solopos.com, SOLO — Halaman depan situs Google hari ini, Senin (28/11/2016), menampilkan Doodle Art untuk merayakan ulang tahun Suyadi ke-84, sosok pencipta karakter Unyil. Selain menampilkan tokoh yang dikenal lantaran perannya sebagan Pak Raden ini, Google Doodle juga menyajikan beberapa karakter legendaris serial Si Unyil.

Advertisement

Beberapa karakter animasi Si Unyil di Google Doodle seperti Meilani, Unyil, Pak Ogah, dan Pak Raden, Di bagian tengah animasi Si Unyil, ada bingkai foto Suyadi atau Pak Raden saat masih muda.

Seperti dikutip Solopos.com dari Wikipedia, Senin, Suyadi lahir di Puger, Jember, Jawa Timur, 28 November 1932 dan meninggal di Jakarta, 30 Oktober 2015 pada usia 82 tahun. Suyadi adalah pencipta Si Unyil yang pernah menghiasi serial televisi Indonesia.

Suyadi menciptakan Si Unyil agar ada acara mendidik untuk anak-anak Indonesia pada tahun 1980-an. Kemudian, Unyil diformat ulang pada 2000-an, sehingga tetap digemari anak-anak Indonesia. Hasil dari format ulang acara Si Unyil adalah Laptop Si Unyil.

Advertisement

Suyadi juga dikenal sebagai Pak Raden dalam acara Unyil. Suyadi merupakan lulusan seni rupa Institut Teknologi Bandung pada 1952-1960 lalu meneruskan belajar animasi ke Prancis pada 1961-1963.

Suyadi juga pernah didaulat Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk menjadi ilustrator buku pelajaran Bahasa Indonesia tingkat sekolah dasar. Suyadi meninggal dunia pada 30 Oktober 2015 di Rumah Sakit Pelni Petamburan, Jakarta, pukul 22.20 WIB. Jenazahnya dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Sabtu, 31 Oktober 2015. Selamat ulang tahun Pak Raden.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif