Teknologi
Minggu, 27 November 2016 - 13:23 WIB

Website Habib Rizieq Diblokir Kemenkominfo

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penampakan laman situs yang telah diblokir. (Istimewa)

Website atas nama Habib Rizieq diblokir Kemenkominfo karena konten di dalamnya.

Solopos.com, JAKARTA — Website dengan nama pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq dilaporkan oleh beberapa lembaga terkait agar diblokir. Kini, upaya pemblokiran tersebut sudah efektif diberlakukan dan laman situs habibrizieq.com sudah tak bisa diakses.

Advertisement

Hal itu dibenarkan oleh Plt Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Noor Iza. Ia membenarnya soal upaya pemblokiran situs habibrizieq.com yang merupakan milik pemimpin FPI itu. “Iya benar, saat ini sedang dilakukan koordinasi dan penyampaian ke penyelenggara ISP,” tutur Noor Iza kepada Okezone, Minggu (27/11/2016), dikutip Solopos.com.

Ditanya mengenai alasan pemblokiran, Noor Iza beralasan hal itu terkait dengan konten yang berisi ancaman, provokasi, suku-agama-ras-antargolongan (SARA), atau menimbulkan keresahan. Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pemblokiran tersebut diajukan oleh Kemenkominfo bersama lembaga terkait seperti Polri, Badan Intelijen Negara (BIN), dan Badan Nasional Pemberantasan Terorisme (BNPT).

“Diajukan oleh Kominfo dan berkolaborasi dengan lembaga terkait seperti Kepolisian, BIN, dan BNPT,” terang Noor Iza.

Advertisement

Ia pun membantah bahwa adanya pemblokiran ini berhubungan dengan rencana aksi yang akan digelar pada 2 Desember 2016. “Tidak ada mengarah ke sana [demo 2 Desember], lebih ke kontennya. Kebetulan nama situsnya sama [dengan Habieb Rizieq],” imbuhnya.

Situs yang dilaporkan oleh Kominfo tersebut masih sempat bisa diakses pascapemblokiran, namun kini sudah tak bisa dibuka. Menurut Noor Iza, hal itu dikarena penyampaian membutuhkan proses dan waktu. “Pelaporannya efektif semalam, mungkin butuh waktu untuk sampai diproses. Selain itu saat ini kan weekend,” tutup Noor.

Pantauan Solopos.com terhadap laman tersebut pada pukul 13.10 WIB, situs tersebut tak bisa dibuka. Seperti umumnya situs-situs yang diblokir, hanya muncul tulisan “Mohon maaf, Situs ini tidak dapat diakses”.

Advertisement

Sebelumnya, akun Instagram atas Rizieq dinonaktifkan secara sepihak oleh pihak Instagram. Pengumuman ini disampaikan oleh akun Instagram DPP FPI. Dalam screen capture yang diunggah terlihat akun Habib dianggap menyalahi aturan Instagram.

“Akun Anda telah dinonaktifkan, karena melanggar ketentuan kami. Pelajari cara Anda dapat memulihkan akun Anda,” tulis Instagram yang dikutip Solopos.com, Jumat (11/11/2016) lalu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif