Lifestyle
Minggu, 27 November 2016 - 23:30 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Makanan Ini Mempercepat Penuaan

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi makanan cepat saji (Nutrifusion.com)

Tips hidup sehat membahas tentang makanan yang bikin cepat tua.

Solopos.com, SOLO – Berbagai cara dilakukan oleh beberapa orang demi tampil awet muda. Salah satu caranya adalah dengan mengatur pola makan. Namun, tak semua orang menyadari hal itu.

Advertisement

Mengonsumsi makanan yang tidak sehat membuat seseorang lebih cepat tua. Dikutip Solopos.com dari Huffingtonpost, Jumat (25/11/2016), berikut beberapa makanan yang harus dihindari karena mempercepat proses penuaan:

Makanan manis
Mengonsumsi makanan manis dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Selain memicu diabetes, kadar gula darah yang terlalu tinggi dapat merusak kolagen dan protein yang menyebabkan kulit menjadi kusam dan keriput.

Minuman beralkohol
Terlalu sering mengonsumsi minuman beralkohol dapat mempercepat proses penuaan. Alkohol dapat menurunkan kadar vitamin yang berperan sebagai antioksidan penting di dalam tubuh.

Advertisement

Makanan siap saji
Makanan siap saji mengandung berbagai jenis zat yang berbahaya bagi tubuh. Selain menyebabkan obesitas, makanan cepat saji ternyata juga mempercepat proses penuaan. Sebab, makanan cepat saji mengandung lemak trans yang dapat menyumbat sirkulasi darah. Selain itu, makanan cepat saji juga meningkatkan kadar garam di tubuh yang membuat kerusakan kulit.

Soda
Minuman bersoda tidak baik bagi kesehatan tubuh dan mempercepat proses penuaan. Hasil penelitian menunjukan mengonsumsi dua liter soda secara rutin dapat mempercepat proses penuaan dalam kurun waktu 4-6 tahun.

Kopi
Kopi merupakan salah satu minuman paling populer di dunia. Kebanyakan orang meyakini meminum kopi dapat meningkatkan konsentrasi otak. Padahal, terlalu banyak minum kopi dapat mempercepat proses penuaan. Hal itu disebabkan oleh kandungan kafein di dalam kopi menyebabkan dehidrasi pada tubuh dan mempercepat timbulnya kerutan di kulit.

Advertisement

Camilan
Makanan ringan seperti keripik kentang dan singkong ternyata mempercepat proses penuaan. Camilan itu mengandung banyak garam yang mempercepat penuaan dan memicu berbagai penyakit seperti hipertensi dan jantung. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif