Sport
Minggu, 27 November 2016 - 18:50 WIB

PIALA AFF 2016 : Stadion Manahan Solo Siap Jadi Kandang Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemain Timnas Indonesia melakukan latihan terakhir di stadion Manahan, Solo, Senin (27/9). (JIBI/SOLOPOS/ Sunaryo Haryo Bayu)

Piala AFF 2016 menyajikan Indonesia yang lolos ke babak semifinal.

Solopos.com, SOLO — Stadion Manahan kembali masuk sebagai salah satu kandidat venue untuk menggelar babak semifinal Piala AFF 2016. Hal ini seiring lolosnya Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia ke empat besar setelah menang atas Timnas Singapura, 2-1, di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Jumat (25/11/2016) malam. Indonesia melaju ke semifinal sebagai runner up menemani Thailand yang jadi juara Grup A.

Advertisement

Pada partai semifinal Piala AFF 2016 berlaku sistem tandang dan kandang. Indonesia dijadwalkan menjamu calon lawan yang merupakan juara Grup B, 3 Desember 2016 mendatang. Tim Garuda akan menjamu Vietnam lebih dulu baru kemudian melakoni laga away, 7 Desember 2016.

Stadion berkapasitas 25.000 penonton ini dilirik jadi tuan rumah bersama dua stadion lain, yakni Pakansari (Bogor) dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Timnas tak mungkin main di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) lantaran sedang direnovasi untuk Asia Games 2018.

“Kami sangat siap kalau Stadion Manahan ditunjuk sebagai tuan rumah untuk menggelar semifinal Piala AFF 2016. Stadion kami sudah teruji sebagai venue pertandingan berskala internasional baik persahabatan maupun kejuaraan resmi,” papar Ketua Panpel PSSI Solo, Heri “Gogor” Isranto, kepada wartawan, Sabtu (26/11/2016).

Advertisement

Track record Stadion Manahan, Solo, tak perlu diragukan. Markas besar Persis Solo ini tercatat pernah menggelar laga Timnas Indonesia sebanyak tiga kali yang semua berstatus friendly match. Kali terakhir Tim Garuda menekuk Timnas Malaysia dengan skor 3-0, 6 September lalu. Sebelumnya, Timnas mengalahkan Filipina, 2-0, pada 14 Agustus 2013 dan menghajar Palestina, 4-1, 22 Agustus 2011. Di samping itu, stadion ini pernah dijadikan home base Timnas U-23 pada 2014. Selain itu, venue ini juga menjadi arena untuk ASEAN Paragames 2011 dan Piala AFF U-16 2010.

Sementara itu, Sekjen PSSI, Ade Wellington, mengungkapkan sudah menyiapkan rencana tempat untuk kandang Timnas nanti. Menurutnya, memang ada beberapa pilihan stadion. Akan tetapi, GBLA jadi pilihan utama. Setelah GBLA PSSI menempatkan Stadion Pakansari sebagai opsi kedua. PSSI dan AFF dijadwalkan melakukan inpeksi, Senin (28/11/2016).

“Jika keduanya tidak cocok, kami masih ada pilihan lain. Stadion Manahan di Solo masih memungkinkan. Itu akan kami ajukan kalau dua tempat utama tadi tidak direkomendasikan,” jelas Ade, dilansir Liputan6.com.

Advertisement

Sebelumnya, sejumlah netizen di page Facebook Solopos juga berharap semifinal Piala AFF 2016 bisa digelar di Stadion Manahan Solo. “Smoga stadion manahan solo jadi tuan rumah besok .. Amin,” tulis akun Jont Edy Santoso.

“Besok manahan jd home…karena salalu bertuah untuk garuda…aminnn…like,” kicau netizen lainnya, Putera Aries Moga.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif