News
Minggu, 27 November 2016 - 06:00 WIB

KISAH INSPIRATIF : Di Jepang, Orang Tua yang Ditilang Bakal Diberi Diskon Makanan

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

Jepang punya cara unik memperlakukan pelanggar lalu lintas berusia lanjut.

Solopos.com, TOKYO – Kepolisian Jepang punya cara unik menarik Surat Izin Mengemudi (SIM) para pengemudi lanjut usia. Yakni dengan memberikan diskon menu makanan di 176 restoran yang berada di kota Prefektur.

Advertisement

Untuk mendapatkan diskon tersebut, pengemudi lansia cukup menukarkan surat izin mengemudinya kepada pihak restoran yang sudah bekerja sama dengan kepolisian.

Seperti dikutip dari BBC, Jumat (25/11/2016), kepolisian Jepang saat ini tengah menggalakkan program penarikan SIM yang masih banyak dipegang oleh para lansia. Tujuan utamanya untuk mengurangi angka kecelakaan.

Berdasarkan data yang dikeluarkan Pemerintah Jepang, saat ini telah terjadi kenaikan angka kecelakaan yang melibatkan pengemudi lansia. Dengan program pemberian diskon di ratusan jaringan restoran ini diharapkan mampu mengurangi angka kecelakaan tersebut.

Advertisement

Hingga saat ini masih banyak lansia yang dilaporkan belum menyerahkan surat izin mengemudinya kepada kepolisian, meski pemberitahuan sudah dilakukan. Polisi Jepang menjalankan program diskon ini untuk mempercepat penarikan surat izin mengemudi para lansia.

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif