News
Sabtu, 26 November 2016 - 13:52 WIB

Fidel Castro Meninggal Dunia di Usia 90 Tahun

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Fidel Castro. (JIBI/Solopos/Reuters/Andres Stapff)

Fidel Castro wafat di usia 90 tahun.

Solopos.com, HAVANA – Pemimpin revolusioner Kuba, Fidel Castro, meninggal dunia pada Jumat (25/11/2016) malam waktu setempat, dalam usia 90 tahun. Kabar kematian mantan Presiden Kuba itu diumumkan oleh adiknya, Presiden Raul Castro.

Advertisement

“Panglima revolusi Kuba meninggal dunia pada pukul 22.29 malam ini,” kata Raul Castro dengan suara gemetar seperti disiarkan stasiun televisi nasional Kuba dan dilansir telegraph.co.uk, Sabtu (26/11/2016).

Fidel Castro beberapa tahun terakhir menderita penyakit usus yang hampir membunuhnya pada tahun 2006. Dia secara resmi menyerahkan kekuasaan kepada adiknya Raul Castro dua tahun kemudian.

Dilansir Reuters, Castro yang lahir pada 13 Agustus 1926 berkuasa melalui revolusi tahun 1959 dan memerintah Kuba selama 49 tahun dengan campuran karisma dan tangan besi. Dia menciptakan negara satu partai dan menjadi tokoh sentral dalam Perang Dingin.

Advertisement

Fidel Castro merupakan Presiden Kuba dengan masa pemerintahan paling lama. Anak seorang petani gula imigran dari Spanyol itu juga dikenal sebagai tokoh organisasi nonblok dan tetap mempertahankan ideologi komunis walaupun banyak negara komunis runtuh.

Pada 13 Agustus lalu, rakyat Kuba merayakan ulang tahun Castro yang ke-90. Saat itu, ribuan warga turun ke jalan-jalan di ibu kota Havana, sembari menari-nari mengikuti alunan musik berirama Latin.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif