Sport
Jumat, 25 November 2016 - 20:51 WIB

PIALA AFF 2016 : Kalahkan Singapura 2-1, Indonesia Lolos ke Semifinal

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Timnas Indonesia (PSSI.org)

Piala AFF 2016 menyajikan duel Singapura vs Indonesia.

Solopos.com, MANILA – Indonesia harus menghadapi tantangan Singapura dalam matchday terakhir fase grup Piala AFF. Indonesia berhasil mengalahkan Singapura 2-1.  Dengan kemenangan ini, Indonesia lolos ke semifinal karena di partai lain Filipina takluk dari Thailand dengan skor 1-0.

Advertisement

Bertanding di Rizal Memorial Stadium, Jumat (25/11/2016) malam WIB, Indonesia memeragakan permainan menyerang sejak awal. Peluang didapat di menit kelima setelah Evan Dimas dilanggar tepat di depan kotak penalti.

Stefano Lilipaly melakukan tendangan bebas, namun bisa ditepis oleh kiper Singapura, Hassan Sunny. Bola muntah ditendang Boaz, tapi masih melambung. Tak lama berselang, Singapura membalas lewat tendangan M. Ramli yang masih menyamping.

Advertisement

Stefano Lilipaly melakukan tendangan bebas, namun bisa ditepis oleh kiper Singapura, Hassan Sunny. Bola muntah ditendang Boaz, tapi masih melambung. Tak lama berselang, Singapura membalas lewat tendangan M. Ramli yang masih menyamping.

Di menit ke-13, Andik Vermansyah melepaskan tendangan geledek yang masih tipis di atas mistar gawang. Kemudian giliran sepakan Evan Dimas di menit ke-21, yang masih bisa ditangkap kiper.

Banyak menyerang, Indonesia justru kebobolan. Khairul Amri mencetak gol di menit ke-27 klewat tendangan setengah salto. Berawal dari lemparan ke dalam, bola diarahkan ke kotak penalti yang kemudian disundul pemain Singapura. Bola lantas diteruskan Amri lewat tendangan akrobatik yang menjebol gawang Kurnia Mega. Skor 1-0 untuk Singapura.

Advertisement

Di babak kedua, Indonesia tetap menyerang meski peluang pertama didapat oleh sang lawan. Menit ke-49, Khairul Amri nyaris mencetak gol lagi. Dalam sebuah serangan, Amri lolos dari jebakan offside dan tinggal langsung berhadapan dengan Kurnia Mega. Beruntung Mega berhasil menahan tendangan Amri.

Menit ke-62, Indonesia akhirnya bisa mencetak gol dan menyamakan kedudukan. Sebuah umpan silang Rizky Pora berhasil dituntaskan dengan tendangan first time Andik Vermansyah yang berbuah gol. Skor menjadi imbang 1-1.

Tak berselang lama, Singapura nyaris unggul kembali. Sebuah sundulan Harris Harun mengarah ke pojok gawang, beruntung Kurnia Mega berhasil menepis bola.

Advertisement

Di menit ke-84, Indonesia berhasil mencetak gol. Berawal dari pergerakan Boaz Solossa, bola kemudian dikirm ke kotak penalti. Stefano Lilipaly yang berada di posisi bebas menyambut bola dengan tendangan keras dan berbuah gol. Skor menjadi 2-1 untuk Indonesia dan bertahan hingga laga usai.

Berkat kemenangan ini, Indonesia dipastikan lolos ke babak semifinal. Hal itu karena di partai lain Filipina takluk dari Thailand dengan skor 1-0. Indonesia lolos sebagai runner up grup A.

Susunan pemain

Advertisement

Singapura: Hassan Abdullah Sunny; M Shakir Hamzah, Madhu M Mohana, M Faritz Abdul, Daniel Bennet; M Faris Ramli, Hariss Harun, M Safuwan Baharudin, M Yasir Hanapi, Anumanthan Mohan Kumar; M Khairul Amri.

Indonesia: Kurnia Meiga; Beny Wahyudi, M Abduh Lestaluhu, Yanto Basna, Fachruddin; Evan Dimas, Stefano Lilipaly, Bayu Pradana, Andik Vermansyah, Rizki Pora; Boaz Solossa.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif