Lifestyle
Jumat, 25 November 2016 - 09:00 WIB

INFO BELANJA : Toko Solopos Sajikan Koleksi Unik Kain Batik Tulis Eksklusif Pewarna Alami

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Koleksi batik tulis langka di Toko Solopos (JIBI/Solopos)

Info belanja Toko Solopos menghadirkan koleksi kain batik tulis pewarna alami eksklusif.

Solopos.com, SOLO – Toko Solopos menghadirkan koleksi kain batik tulis eksklusif, yakni batik tulis pewarna alam. Kain batik sangat eksklusif karena dibuat dari kain katun kualitas terbaik yang diproses dengan pewarna alami.

Advertisement

Staf Toko Solopos, Nina Andriani kepada Solopos.com, Kamis (24/11/2016), mengatakan Batik tulis merupakan salah satu jenis kain yang dihiasi corak batik buatan tangan.

Proses pembuatan batik itu memakan waktu yang lebih lama daripada jenis batik cap. Semakin rumit corak yang digambar, maka semakin lama pula proses pengerjaannya.

Selain digambar dengan tangan, batik tulis warna alam diwarnai dengan pewarna alami yang berasal dari hasil ekstraksi berbagai macam tumbuhan, misalnya daun jati dan daun pisang kering untuk menghasilkan warna hijau kecokelatan, sabut kelapa untuk menghasilkan warna cokelat, dan kunyit untuk menghasilkan warna kuning.

Advertisement

Pewarna alami dipilih karena menghasilkan warna yang lebih bagus dibanding pewarna sintetis. Sebab dalam satu kali pewarnaan, hanya akan diperoleh satu kain dengan warna terbaik. Oleh sebab itu, setiap kain batik memiliki warna dan corak yang berbeda-beda. Hal itulah yang membuat kain batik tulis warna alam itu menjadi salah satu koleksi eksklusif.

Kain batik tulis warna alam dibuat dari bahan katun primis. Kain katun primis diklaim memiliki kualitas paling baik untuk membuat batik dibandingkan kain katun jenis lain. Kain jenis ini kerap dipakai untuk membuat batik dengan motif klasik. Kain itu memiliki serat benang yang rapat, tebal, serta halus.

Kualitas kain yang bagus dan proses pewarnaan dengan bahan alami membuat kain batik tulis warna alam banyak dicari oleh pencinta batik. Batik tulis warna alam koleksi eksklusif di Toko Solopos dibanderol dengan harga Rp750.000, harga yang pantas untuk selembar kain batik eksklusif bukan? (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

Advertisement

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif