News
Kamis, 24 November 2016 - 16:15 WIB

Suwarto dan I Gusti Ayu Ketut Rachmi Calon Guru Besar UNS

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo UNS Solo

UNS Solo akan mengukuhkan dua guru besar lagi, yakni Suwarto dan I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani.

Solopos.com, SOLO – Salah satu perguruan tinggi di Kota Solo, Universitas Sebelas Maret (UNS), menambah dua guru besar. Suwarto dari Fakultas Pertanian dan I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani dari Fakultas Hukum (FH), akan dikukuhkan sebagai guru besar di Auditorium UNS Solo, Sabtu (26/11/2016) mendatang.

Advertisement

Pada Sabtu nanti, Suwarto akan memaparkan pidato pengukuhannya yang berjudul Peran Kelembagaan Petani Lahan Kering dalam Optimalisasi Pendapatan Rumah Tangga Berkelanjutan. Melalui penelitiannya tersebut, Suwarto menyoroti persoalan lahan dan nasib petani, khususnya di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Tekanan penduduk atas lahan menyebabkan usaha tani meluas ke semua pelosok pedesaan, ke daerah-daerah kering, daerah hulu yang bergelombang hingga berbukit, rawan erosi dengan luas penguasaan lahan terbatas,” ungkap Suwarto saat digelar jumpa wartawan di Resto Solo Bistro Solo, Kamis (24/11/2016).

Sementara Ayu, akan menyampaikan pidatonya berjudul Meneguhkan Eksistensi dan Peranan Hukum Administrasi Negara dalam Penyelesaian Konflik Tenurial Kawasan Hutan di Indonesia Guna Menciptakan Kepastian Hukum dan Keadilan.

Advertisement

Pidato itu akan memaparkan persoalan konflik pengaturan yang terkait dengan kepemilikan, akses, penguasaan dan kontrol atas tanah, pohon, air dan sumber daya alam lainnya di Indonesia.

“Solusi bahwa konflik kawasan hutan tidak cukup ditangani tapi juga bagaimana memberikan pemahaman pada prosedur mekanisme, yang sesuai norma dan aturan yang benar pada ranah hukum administrasi Negara,” paparnya dalam jumpa wartawan di tempat yang sama.

Suwarto dan Ayu masing-masing akan tercatat sebagai guru besar ke-180 dan ke-181 di UNS Solo. Ayu tercatat sebagai guru besar ke-6 di FH UNS.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif