Jateng
Selasa, 22 November 2016 - 20:50 WIB

DEMO BURUH : KSPI Longmarch di Semarang sebelum Demo Sejuta Buruh 2 Desember

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi demo buruh (JIBI/Solopos/Antara)

Demo buruh yang diikuti sejuta buruh bakal digelar KSPI pada 2 Desember mendatang, dengan pemanasan longmarch di Semarang.

Semarangpos.com, JAKARTA — Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengklaim akan mengerahkan sekitar satu juta buruh anggota KSPI berunjuk rasa, Jumat (2/12/2016). Demonstrasi tersebut bakal disertai dengan aksi mogok nasional di 20 provinsi dan 250 kabupaten serta kota di Indonesia.

Advertisement

Menurut Said, sebelum menggelar unjuk rasa 2 Desember 2016 itu, buruh aktivis Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) juga akan melakukan aksi pemanasan berupa longmarch yang menyasar sejumlah kantor pemerintahan di beberapa kota besar. Semarang termasuk senagai salah satu kota lokasi longmach tersebut, selain Banten, Surabaya, Batam, dan Medan.

“Khusus Jabodetabek dan Karawang, lebih dari 200.000 buruh akan bergerak menuju Istana dengan titik kumpul di bundaran Hotel Indonesia, sedangkan mogok nasional buruh di 19 provinsi lainnya dilakukan di kawasan industri dan kantor gubernur masing-masing,” katanya dalam pesan singkat yang diterima kantor Berita Antara di Jakarta, Selasa (22/11/2016).

Said mengatakan terdapat tiga tuntutan yang akan disuarakan para buruh pada demo sejuta buruh, 2 Desember mendatang, di antaranya adalah penolakan penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) dan Upah Minimum Kabupaten atau Kota (UMK) dengan menggunakan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Selanjutnya, para buruh juga akan meminta pemerintah untuk menaikkan UMP dan UMK 2017 sebesar 15% hingga 20%.

Advertisement

Pemerintah juga diminta untuk menahan Gubernur DKI Jakarta Nonaktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang merupakan tersangka kasus penistaan agama demi menegakkan supremasi hukum. “Terkait Ahok, ini bukan isu baru di kalangan buruh. Jauh sebelumnya buruh sudah memprotes penggusuran dan reklamasi yang merusak lingkungan hidup serta sarat aroma korupsi, sebagaimana juga buruh dari dulu meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Ahok atas dugaan korupsi di RS Sumber Waras, lahan Cengkareng, dan reklamasi Teluk Jakarta,” papar Said.

Ahok juga dinilai buruh yang bakal terlibat demo sejuta buruh pada 2 Desember mendatang itu telah menjadikan UMP DKI Jakarta lebih rendah daripada Bekasi dan Karawang selama tiga tahun, sehingga hal ini juga menjadi alasan para buruh untuk mengajukan tuntutan terkait Ahok.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif