Jogja
Senin, 21 November 2016 - 05:40 WIB

TRANSMIGRASI GUNUNGKIDUL : Warga Ikut Transmigrasi Ingin Perbaiki Ekonomi

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto rumah transmigran. (JIBI/dok)

Kuota transmigrasi yang diterima tahun ini sebanyak 40 KK.

Harianjogja.com, WONOSARI – Antusias warga Gunungkidul untuk ikut program transmigrasi relatif tinggi. Salah satu alasan ikut program dari Pemeritah Pusat ini karena keinginan untuk mendapatkan penghidupan yang lebih baik.

Advertisement

Kepala Bidang Transmigrasi, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Gunungkidul Basuki mengatakan, kuota transmigrasi yang diterima tahun ini sebanyak 40 KK. Jumlah itu sudah terisi semua dan siap untuk diberangkatkan ke daerah tujuan masing-masing.

Bahkan, kata dia, sepuluh KK tujuan ke Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara sudah diberangkatkan beberapa waktu lalu. “Untuk dari daerah lain seperti Polewali Mandar, Kabuapten Lahat, Musi Banyuasin, Ogan Komering Ilir atau daerah di Kalimantan Barat tinggal tunggu keberangkatan,” kata Basuki kepada Harian Jogja, Jumat (18/11/2016).

Menurut dia, setiap tahun jatah untuk transimgrasi tidak sama. Namun sejak tahun lalu hingga sekarang jumlahnya mencapai 40 KK. Dari jumlah ini, seluruh kuota dapat terpenuhi sehingga minat warga untuk ikut transmigrasi relatif tinggi. “Kalau asal wilayah merata, mulai dari Kecamatan Patuk, Gedangsari, Tanjungsari hingga sejumlah daerha lainnya ada,” katanya.

Advertisement

Disinggung mengenai motif, Basuki mengaku tidak bisa memastikan. Namun saat dilakukan wawancara, umumnya warga berminat karena ingin mencari penghidupan yang lebih baik. Antusiasme ini muncul juga tidak lepas dari sanak saudara atau tetangga yang terlebih dahulu ikut, di mana ada perbaikan dari sisi ekonomi. “Ada yang cerita jika tetangganya awalnya hanya punya tanah dua hektare dari pemberian pemerintah. Namun setelah sekian tahun tanahnya bisa meningkat jadi lima hektare. Jadi inilah salah satu daya tarik untuk ikut program tersebut,” urai Basuki.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif