News
Senin, 21 November 2016 - 13:10 WIB

KISAH UNIK : Petani Ini Buat Ranjang untuk Keluarkan Batu Ginjal

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ranjang untuk penderita batu ginjal (shanghaiist)

Kisah unik kali ini tentang pengobatan alternatif untuk batu ginjal

Solopos.com, JIANGXI – Zhu Qinghua, 52, petani asal Jiangxi, Tiongkok membuat penemuan unik. Terinspirasi dari cara sederhana dokter melakukan terapi untuk penderita batu ginjal, Zhu berhasil membuat ranjang yang ia klaim bisa mengeluarkan batu ginjal secara lebih efektif dan tidak sakit.

Advertisement

Diceritakan pada 1993 istri Zhu divonis gagal ginjal sehingga salah satu ginjalnya harus diangkat. Untuk mengobati batu ginjal yang masih diderita istrinya, Zhu harus menemukan cara alternatif, karena operasi tidak mungkin dilakukan untuk orang dengan satu ginjal.

Zhu lantas menempuh prosedur medis dengan berkonsultasi ke dokter. Dilansir Oddity Central, Jumat (18/11/2016), saat itu ia melihat istrinya disuruh dokter berdiri terbalik setiap harinya untuk beberapa menit. Hal itu bertujuan untuk mengeluarkan batu ginjal.

Setelah itu Zhu mulai menggambar rancangan ranjang tersebut. Zhu menghabiskan uang kurang lebih US$145 atau setara dengan Rp1,9 juta dan memanfaatkan barang-barang di rumahnya untuk membuat ranjang tersebut.

Advertisement

Ranjang tersebut bisa berputar 360 derajat, sehingga pengguna bisa tiduran dengan kepala di bawah dalam waktu tertentu tanpa benar-benar berdiri sendiri. Ranjang rancangan Zhu ini juga dilengkapi dengan alat penggetar sehingga batu ginjal bisa lebih cepat keluar. Zhu menggunakan traktornya untuk membuat alat penggetar itu.

Dengan ranjang buatannya, Zhu mengklaim istrinya bisa mengeluarkan batu ginjal tanpa kesakitan dalam kurun waktu lima hari. Setiap harinya proses tidur terbalik dilakukan selama 10 menit.

Sejak saat itu beberapa tetangga atau orang dari luar kota meminta Zhu untuk membuatkan ranjang serupa. Namun hal itu belum bisa dilakukan karena Zhu tidak memiliki izin resmi memproduksi barang-barang medis. Sebagai gantinya, Zhu mempersilakan orang yang membutuhkan untuk menggunakan ranjang ciptaannya secara gratis.

Advertisement

Zhu mendapatkan paten resmi mengenai produknya itu pada 2014. Dimuat oleh media lokal Tiongkok, pada 2015 ada tiga tetangga Zhu yang berhasil sembuh dari batu ginjal setelah menggunakan ranjang khusus itu.

Dilansir Shanghaiist, konsep ranjang yang dibuat Zhu sebenarnya bukan konsep baru. Konsep tersebut dikenal sebagai meja pembalik gravitasi. Konsep ini sudah lama diketahui bisa menyembuhkan penyakit punggung dan mempermudah batu ginjal keluar. Satu hal yang membuat ranjang ciptaan Zhu unik adalah, getaran yang diciptakan dari traktornya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif