Sejumlah warga mengikuti kegiatan kerja bakti membersihkan Kali Pepe di dekat Taman Parkir Loji Wetan, Pasar Kliwon, Solo, Minggu (30/10/2016). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos) Sejumlah warga mengikuti kegiatan kerja bakti membersihkan Kali Pepe di dekat Taman Parkir Loji Wetan, Pasar Kliwon, Solo, Minggu (30/10/2016). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Solopos)
Senin, 21 November 2016 19:40 WIB Mahardini Nur Afifah/JIBI/Solopos Solo Share :

INFRASTRUKTUR SOLO
Duh, Talut Kali Pepe di Ketelan Bengkah

Infrastruktur Solo, talut Kali Pepe Retak sepanjang lima meter.

Solopos.com, SOLO — Talut Kali Pepe di wilayah RT 001/RW 002 Ketelan retak sepanjang kurang lebih lima meter sejak tiga tahun terakhir.

Warga RT 001/RW 002 Kelurahan Ketelan, Sri Purwati, 70, menuturkan talut Kali Pepe retak di dekat bangunan rumahnya. Menurut dia, retaknya talut di Kali Pepe disebabkan akar tanaman yang tumbuh dekat dengan dinding sungai setempat.

“Mulanya dari akar pohon di sini yang tumbuh menjebol  talut. Sudah tiga tahun terakhir ini [talut] bengkah,” kata dia saat ditemui wartawan, Senin (21/11/2016).

Sri mengatakan selama ini warga kampungnya cukup aktif bekerja bakti membersihkan kali. Dia berharap talut yang bengkah segera dibenahi.

“Ya semoga saja lekas dibenahi supaya tidak sampai ambrol,” harap dia.

Ditemui terpisah, Pengurus RW 002 Kelurahan Ketelan, Henri Sosiawan, menyampaikan usulan perbaikan talut Kali Pepe di wilayahnya sudah mengemuka dalam forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Ketelan selama dua tahun terakhir.

“Dari warga sudah mengajukan ke Musrenbangkel dua kali. Tapi informasinya, proyek perbaikan akan dikerjakan pemerintah pusat. Kami menunggu realisasinya,” jelas dia.

Henri mengatakan selama ini warga setempat telah berupaya menanggulangi merembetnya retakan talut dengan bekerja bakti menambal dinding sungai saat bersih-bersih kali di Ketelan. “Butuh perbaikan total dengan penguatan talut. Kalau hanya ditambal dengan semen biasa, tetap bengkah. Wilayah di sekitar sini memang dikenal kondisi tanahnya labil,” terangnya.

Sementara itu, Lurah Ketelan, Evi Mahanani, mengemukakan telah mengecek kondisi talut yang retak di wilayahnya. “Kami sudah lihat di lokasi. Memang ada bengkah tapi belum kritis. Jalan di atasnya masih bisa dilalui kendaraan secara normal,” katanya.

Dia mengatakan perbaikan talut Kali Pepe yang retak bakal dikerjakan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo pada Maret 2017 mendatang. “Sepanjang Kali Pepe dari hulu sampai hilir akan diperbaiki mulai tahun ini hingga 2018. Yang masuk wilayah Ketelan, jatah perbaikannya pada Maret 2017. Nantinya sungai dikeruk dan talutnya diperkuat. Saya kira kalau menunggu empat bulan lagi, talut masih kuat,” terang Evi.

lowongan kerja
lowongan kerja PT. Sejati Cipta Mebel, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply



2

Kolom

GAGASAN
Melawan Hoax Marketing

Gagasan Solopos, Jumat (3/2/2017), Ginanjar Rahmawan, dosen Bisnis dan Kewirausahaan STIE Surakarta yang juga mahasiswa S3 Community Development for SME’s UNS Solo. Beralamat email di rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO — Minggu lalu, 8 Januari 2017, masyarakat anti hoax mendeklarasikan gerakan melawan…