News
Minggu, 20 November 2016 - 21:30 WIB

Ingat "Punsukh Wangdu" 3 Idiots? Ini Kisah Nyata & Penemuannya di India

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sonam Wangchuk dan Aamir Khan (pemeran Punsukh Wangdu). (Twitter)

Punsukh Wangdu di 3 Idiots dikisahkan sebagai jenius. Dalam kisah nyata, dia bernama Sonam Wangchuk yang juga punya penemuan hebat.

Solopos.com, NEW DELHI — Masih ingat film 3 Idiots yang dibintangi Aamir Khan sebagai Punsukh Wangdu? Meski bukan tokoh nyata, Punsukh Wandu terinspirasi dari tokoh nyata bernama Sonam Wangchuk, 50. Belum lama ini Sonam menerima penghargaan internasional karena inovasinya.

Advertisement

Dilansir Indiatimes, Jumat (18/11/2016), Sonam Wangchuk menerima penghargaan dari produsen jam tangan mewah, Rolex, karena inovasinya. Penghargaan itu diberikan kepada Sonam di Los Angeles, Amerika Serikat, Selasa (15/11/2016) lalu.

Insinyur asal Dataran Tinggi Ladakh, India, itu membuat terobosan untuk menanggulangi kekeringan. Sonam berhasil mengembangkan desain gletser buatan untuk menanggulangi kekeringan yang dialami petani di Ladakh.

Seperti diungkap rolexawards.com, petani-petani yang hidup di Ladakh kerap mengalami kekurangan air di musim tertentu. Sonam menawarkan solusi untuk daerah itu dengan cara membekukan air di saat jumlah air berlebih. Teknik Sonam dalam membekukan air tidak sembarangan. Ia menciptakan teknik khusus sehingga memungkinkan air yang dibekukan berbentuk stupa.

Advertisement

Stupa es yang dirancang oleh Sonam Wangchuk, tokoh yang menginspirasi figur Punsukh Wangdu 3 Idiots. (rolexawards.com)

Sonam mendapatkan ide ini dari temannya sesama insinyur bernama Chewang Norphel yang membangun gletser buatan dengan permukaan datar. Sonam memodifikasinya menjadi bentuk stupa karena gletser buatan itu harus tetap beku hingga waktu yang ditentukan.

Stupa es yang dibuat awal 2015 sebagai percobaan pertama berhasil bertahan hingga Juli 2016. Dari stupa es raksasa itu, mengalir 1,5 juta liter air yang bisa dimanfaatkan masyarakat setempat.

Advertisement

Dengan penghargaan yang diterima Sonam dari Rolex, Sonam berniat membuat 20 stupa es lagi yang masing-masing direncanakan setinggi 30 meter. Selain itu, Sonam juga akan memulai program penanaman tumbuhan di gurun setelah sumber air baru selesai dibangun.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif