Lifestyle
Sabtu, 19 November 2016 - 20:45 WIB

TIPS KESEHATAN : Hati-Hati, Kosmetik yang Seperti Ini Bisa Picu Kanker

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi boraks (Boldsky)

Tips kesehatan kali ini membahas tentang bahaya kosmetik yang memakai bahan boraks.

Solopos.com, SOLO – Beberapa waktu yang lalu, publik digegerkan dengan bakso mengandung boraks yang beredar luas. Bakso itu diklaim dapat membahayakan kesehatan. Usut punya usut, ternyata bukan boraks juga ditemukan dalam beberapa kosmetik yang beredar di pasaran.

Advertisement

Dilansir Boldsky, Senin (14/11/2016), dalam dunia industri, boraks biasanya dipakai sebagai bahan pembersih, pengawet kayu, serta pembasmi serangga. Oleh sebab itu, pemakaian boraks sebagai bahan campuran makanan sangatlah dilarang. Mengonsumsi makanan yang mengandung boraks dapat menyebabkan kematian.

Lantas, bagaimana dengan pemakaian kosmetik yang mengandung boraks?

Pada dasarnya, sebagian besar kosmetik yang dijual di pasaran itu mengandung boraks, meski kadarnya kecil. Kendati demikian, kandungan boraks yang ada pada kosmetik itu bisa menyebabkan berbagai masalah kulit.

Advertisement

Bari seseorang yang mempunyai jenis kulit sensitif biasanya akan langsung merasakan efek dari boraks. Menurut berbagai penelitian, sifat basa pada boraks dapat menimbulkan iritasi ringan pada kulit. Selain itu, kandungan yang ada di dalam boraks dianggap akan menyebabkan masalah kesuburan pada pria.

Meski kandungan boraks dalam kosmetik tidak berisiko menyebabkan kerusakan yang parah pada kulit, Anda tetap harus berhati-hati. Pemakaian kosmetik yang mengandung boraks dalam jangka waktu lama berisiko menyebabkan kanker.

Pemakaian kosmetik yang mengandung boraks juga sangat dilarang bagi wanita hamil. Sebab, paparan boraks yang berlebihan dapat meningkatkan risiko bayi lahir cacat. Oleh sebab itu, perhatikanlah komposisi kosmetik yang Anda pakai. Jika kosmetik yang sedanga Anda pakai mengandung boraks, buanglah dengan segera, demi kesehatan kulit Anda.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif