Sport
Jumat, 18 November 2016 - 02:30 WIB

LIGA JERMAN : RB Leipzig Menatap Sejarah

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pemain RB Leipzig saat merayakan kemenangan. (REUTERS/Stefanie Loos)

Liga Jerman diwarnai dengan RB Leipzig yang di ambang sejarah.

Solopos.com, LEVERKUSEN — Beberapa waktu lalu striker Bayern Munchen, Thomas Muller, mengomentari performa klub promosi, RasenBallsport (RB) Leipzig yang amat moncer musim ini. Hingga pekan kesepuluh Bundesliga, Leipzig menempel ketat Bayern di peringkat kedua dengan nilai sama, 24 poin.

Advertisement

Muller mengakui tim asuhan Ralph Hassenhuttl itu memiliki kualitas dan kedalaman skuat untuk diperhitungkan para raksasa Jerman seperti Bayern. Namun Muller menganggap Leipzig bukanlah saingan untuk merebut trofi Bundesliga. “[Borussia] Dortmund masih menjadi rival terberat kami,” ujarnya kepada Bild pekan lalu.

Anggapan itu bisa jadi salah besar jika Leipzig kembali menunjukkan kedigdayaannya saat melawat ke Bay Arena, kandang Bayer Leverkusen, Sabtu (19/11/2016) dini hari WIB. Jika mampu menang atau minimal seri dalam laga tandang tersebut, Leipzig bakal menggeser Bayern di puncak klasemen Bundesliga. Terlebih Bayern akan menghadapi laga berat melawan Dortmund sehari kemudian.

Klub berjuluk Die Roten Bullen itu juga di ambang sejarah sebagai tim yang tak terkalahkan di 11 laga awal di musim pertamanya di Bundesliga. Rekor sebelumnya dipegang tim promosi Duisburg yakni 10 laga awal tanpa kekalahan pada musim 1993/1994.

Advertisement

Perjalanan Leipzig sejak awal musim layaknya cerita dongeng. Tim yang disponsori minuman berenergi Reb Bull ini awalnya tidak diunggulkan karena hanya berstatus klub promosi. Lima tahun lalu Leipzig bahkan masih berada di divisi lima, kasta terbawah di Liga Jerman.

Namun kolektivitas bermain yang diperagakan Emil Forsberg dkk mampu menjungkirbalikkan semua ramalan. Klub yang berdiri tahun 2009 itu bahkan bakal menjadi tim pertama di Bundesliga musim ini yang memenangi enam laga beruntun jika mampu membekuk Leverkusen. “Kami akan meraih tiga poin dan melanjutkan tren tak terkalahkan,” ujar bos Leipzig, Ralph Hassenhuttl, seperti dilansir France24.com, Kamis (17/11/2016).

Meski demikian Leverkusen bukanlah tim yang gampang ditaklukkan. Javier Hernandez dkk. belakangan tampil impresif dengan memenangi empat laga terakhir di semua kompetisi. Pelatih Leverkusen, Roger Schmidt, menilai Leipzig tidak seperti klub-klub promosi kejutan kebanyakan. Menurut Schmidt, Leipzig berpotensi menjadi tim besar di kemudian hari lantaran didukung finansial dan manajemen profesional.

Advertisement

“Namun kami tidak takut. Kami butuh kemenangan untuk merangkak naik di klasemen,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif