Jogja
Rabu, 16 November 2016 - 08:40 WIB

TENAGA KERJA INDONESIA : Sangat Sedikit yang Menjadi Pemimpin Perusahaan di Luar Negeri

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Calon TKI Memasuki Arena EPS-TOPIK PBT 2014 di Kampus UNS Kentigan

Hanya sebagian kecil yang menjadi pimpinan di perusahaan luar negeri.

Harianjogja.com, JOGJA – Sebanyak 165.522 orang tenaga kerja Indonesia (TKI) atau sekitar 60,19 persen dari total sebanyak 275.000 TKI yang berada di luar negeri bekerja sebagai pekerja kasar, dan hanya sebagian kecil yang menjadi pimpinan di perusahaan luar negeri.

Advertisement

Hal itu disampaikan oleh ekonom Core Indonesia Hendri Saparini saat dihubungi dari Yogyakarta, Selasa (15/11/2016).

“Mayoritas atau sebanyak 165.522 TKI yang di luar negeri bekerja sebagai pekerja kasar,” kata dia seperti dikutip Antara.

Sedangkan, sekitar 0,33 persen di antaranya bekerja sebagai pimpinan perusahaan. Sementara yang bekerja menjadi professional hanya sekitar 1,75 persen.

Advertisement

“Angka TKI yang menjadi pimpinan terus mengalami penurunan dari persentase tahun sebelumnya sebanyak 0,38 persen jumlah TKI yang menjadi pimpinan di luar negeri,” ujar dia Secara berturut-turut, kata dia, pada tahun 2011 terdapat sebanyak 0,53 persen TKI.

Lalu tahun 2012 meningkat menjadi 0,78 persen, dan meningkat lagi menjadi 0,89 persen pada tahun 2013, ucap dia.

Menanggapi itu, pengamat kebijakan publik dari Universitas Indonesia (UI) Sri Handiman menilai, tingginya persentase TKI yang menjadi pekerja kasar di luar negeri, menunjukkan rendahnya perhatian pemerintah dalam peningkatan kualitas pendidikan masyarakat.

Advertisement

Dampaknya, kata dia, sulit bagi masyarakat Indonesia terutama yang berasal dari perdesaan, untuk bisa bersaing dengan masyarakat yang berasal dari perkotaan dalam mendapatkan pekerjaan yang memadai.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif