Soloraya
Rabu, 16 November 2016 - 10:10 WIB

INFRASTRUKTUR SUKOHARJO : Rekanan Kebut Rehab Jembatan Bulu

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jembatan Bulu, Sukoharjo, ambrol pada Minggu (30/10/2016). Foto diambil Rabu (2/11/2016). (Trianto Hery Suryono/JIBI/Solopos)

Infrastruktur Sukoharjo, rehab jembatan Bulu di jalur antarkabupaten yang ambrol beberapa waktu lalu dikebut.

Solopos.com, SUKOHARJO — Rekanan proyek rehab Jembatan Bulu di jalur antarkabupaten di Kecamatan Bulu, Sukoharjo, bekerja maraton menyelesaikan pembuatan fondasi agar jembatan bisa dilewati kembali.

Advertisement

Walau terkendala hujan dengan intensitas tinggi rekanan berharap pekerjaan selesai sesuai kontrak. Akhir November, pembuatan fondasi baru di sisi timur diharapkan selesai dan awal Desember pekerjaan penutupan aspal bisa dilaksanakan. Baca juga:

Pernyataan itu disampaikan Sugeng, rekanan dari CV Sugeng Mulya, Selasa (15/11/2016). Dia menjelaskan pekerjaan pembuatan fondasi sudah rampung separuh.

“Fondasi jembatan sisi timur dibuat baru dengan kedalaman tiga meter. Separuh fondasi sudah selesai dikerjakan dan besok [Rabu] mulai dikerjakan pembuatan fondasi sisi utara. Akhir November pekerjaan fondasi bisa selesai walau hujan menjadi kendala tetapi pekerja bisa menyiasatinya.”

Advertisement

Sugeng mengatakan pembongkaran fondasi  lama tak bisa diselesaikan secara bersamaan karena hujan. Pembongkaran fondasi lama dilakukan separuh.

“Pekerjaan pembuatan sabuk di tiang jembatan bagian tengah sudah selesai. Kami harus mendesain ulang karena ada force major dan akan ada adendum. Kami berharap Desember pekerjaan sudah selesai dan jembatan bisa dilalui kendaraan,” kata dia. Baca juga: Jembatan Bulu Longsor Lagi, Jalur Lintas Provinsi Putus Total

Sebelumnya, anggota Komisi III DPRD Sukoharjo, Jaka Wuryanta, meminta pembangunan Jembatan Bulu selesai tahun ini. Jembatan tersebut vital bagi masyarakat pengguna jalan.

Advertisement

Jaka mengatakan anggaran perbaikan jembatan itu akan ditambah karena ada penambahan pekerjaan setelah jembatan ambrol, Oktober lalu. Awalnya proyek itu hanya pelebaran jembatan tetapi dalam pelaksanaannya talut jembatan longsor.

“Permintaan anggaran jelas tak bisa lagi karena APBD Perubahan sudah digedok. Harus dicari solusi dengan mengambil anggaran tak terduga untuk mengatasi musibah tersebut. Perbaikan jembatan sesegera mungkin dilakukan agar jalan kembali bisa dilewati kendaraan.”

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sukoharjo, Suraji, mengatakan akhir November pekerjaan jembatan bisa selesai. Rekanan fokus pada pembuatan fondasi jembatan sisi dekat Kantor Kecamatan Bulu. “Mudah-mudahan tahun ini Jembatan Bulu bisa difungsikan kembali.”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif