Sport
Selasa, 15 November 2016 - 04:30 WIB

Soal Pelatih Permanen Inggris, Southgate Butuh Kepastian

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gareth Southgate (Reuters / John Sibley)

Gareth Southgate menjadi pelatih interim Timnas Inggris.

Solopos.com, LONDON – Saat ini, status Gareth Southgate di Timnas Inggris hanya sebagai pelatih interim. Dia pun mengharapkan Federasi Sepak Bola Inggris (FA) segera memberi kepastiannya terkait pelatih permanen Inggris.

Advertisement

Southgate diangkat sebagai pelatih interim Inggris setelah Sam Allardyce mundur akibat skandalnya beberapa waktu lalu. Southgate yang merupakan pelatih Timnas U-21 Inggir, pun didapuk untuk mendampingi The Three Lions di beberapa laga internasional.

Sejauh ini, pria 46 tahun itu sudah mendampingi Inggris di tiga laga Kualifikasi Piala Dunia 2018. Dia berhasil mempersembahkan dua kemenangan dan sekali hasil imbang untuk Inggris. Southgate masih akan mendampingi Inggris di laga persahaban melawan Spanyol, pekan ini.

Laga melawan Spanyol itu bisa menjadi laga terakhir Southgate atau tidak, karena memang dia hanya diproyeksikan untuk empat pertandingan internasional. Terkait soal pelatih permanen itu, Southgate menuntut FA untuk segera mengumumkannya.

Advertisement

Southgate menyebut hal itu penting lantaran dirinya masih memiliki tugas di tim U-21 andai tak dipermanenkan. Apalagi, tim U-21 bakal menghadapi Piala Eropa U-21, oleh karenanya perlu ada persiapan yang matang.

“Sangat penting untuk saya mengetahui apa yang bakal dilakukan setelah pertengahan November ini,” ujar Southgate seperti dikutip dari Sky Sports, Senin (14/11/2016).

“Kami masih punya Piala Eropa U-21 dan timnas senior akan tampil lagi di laga kualifikasi selanjutnya [bulan Maret].”

Advertisement

“Saya rasa semua orang ingin tahu soal pelatih barunya di akhir November atau pertengahan Desember, sehingga kami bisa memutuskan siapa yang bertanggung jawab atas bagiannya masing-masing,” sambungnya.

Southgate sendiri pasrah terkait keputusan dari FA. Kendati demikian, dia sangat menikmati perannya sebagai pelatih kepala The Three Lions. “Pada akhirnya bukan saya yang menentukan. Saya menikmatinya sejauh ini.”

“Saya sangat bangga memimpin negara saya selama tiga pertandingan, lalu ada lagi di hari Selasa dan terlibat di laga Inggris kontra Skotlandia, yang memberi tekanan luar biasa. Pengalaman luar biasa dan sangat, sangat spesial,” tuntas Southgate.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif