Jogja
Senin, 14 November 2016 - 14:55 WIB

RUSUNAWA GUNUNGKIDUL : Berapa Harga Sewa Rusunawa Karangrejek?

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kondisi Rusunawa Karangrejek, di Desa Karangrejek, Wonosari. meski sudah selesai dibangun tahun lalu, namun hingga sekarang bangunan itu belum dioperasionalkan, Selasa (1/11/2016). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Rusunawa Karangrejek dalam tahap finalisasi harga sewa

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Persiapan untuk pengoperasian Rumah Susun Sewa Sederhana (Rusunawa) Karangrejek, Desa Karangrejek, Wonosari memasuki tahap akhir. Saat ini, Bagian Administrasi Pembangunan sedang melakukan finalisasi terhadap dua peraturan bupati sebagai dasar untuk pengoperasian.

Advertisement

Dari dua aturan ini, perbup tentang retribusi masih dalam proses kajian, terutama menyangkut masalah besaran sewa rusunawa. Sementara itu, aturan yang menyangkut masalah sudah dipersiapkan karena tinggal diajukan ke bupati untuk disahkan. Hanya saja, hal tersebut urung dilakukan karena akan diajukan secara bersama-sama.

“Kita selesaikan dulu Perbup tentang retribusi, kalau sudah jadi nanti akan bersama-sama diserahkan ke bupati,” kata Kepala Sub Bagian Pengendalian Bangunan, Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Gunungkidul Supriyanto kepada wartawan di akhir pekan lalu.

Menurut dia, untuk besaran sewa, pihaknya sudah melakukan kajian. Bahkan di tahun lalu sudah memformulasikan biaya sewa terendah sebesar Rp150.000 per bulan. Hanya saja, nilai tersebut dianggap sudah tidak layak karena penghitungan belum menggambarkan kondisi terkini.

Advertisement

“Kan penghitungan dilakukan di 2015, jadi kalau diterapkan kurang pas sehingga dilakukan penghitungan ulang,” katanya.

Meski besaran sewa belum ada kepastian, namun secara prinsip Supri mengatakan bahwa penghuni rusunawa di tingkat paling atas memiliki biaya sewa lebih murah ketimbang yang berada di bawah-bawahnya.

“Kita sudah buat drafnya, sewa paling mahal ada di lantai dua dan termurah di lantai lima. Untuk saat ini [kemarin] belum bisa sebut rincian sewa karena masih dalam proses,” tutur dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif