Teknologi
Minggu, 13 November 2016 - 08:00 WIB

TAHUKAH ANDA? : Lollipop Zaman Dulu, Permen Ditusuk Kayu

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi permen lollipop (Techradar.com)

Tahukah Anda? kali ini membahas tentang pembuat permen lollipop pertama di dunia.

Solopos.com, SOLO –  Lollipop adalah salah satu jenis permen yang bentuknya terbilang khas. Seperti layaknya permen lain, warna yang mencolok membuat lollipop banyak digemari anak-anak.

Advertisement

Dihimpun Solopos.com, dari laman Candyfavorites.com, Kamis (10/11/2016), asal-usul permen lollipop diperkirakan berasal dari cara manusia purba yang mengumpulkan madu menggunakan tongkat. Seolah tak ingin menyia-nyiakan sisa-sisa madu yang menempel pada kayu itu membuat para manusia purba menjilatinya.

Namun, para peneliti punya pendapat berbeda soal asal mula permen lollipop. Dikutip dari Streetdirectory.com, lollipop pertama kali diciptakan saat terjadinya perang sipil di Amerika Serikat pada 1861-1865.

Advertisement

Namun, para peneliti punya pendapat berbeda soal asal mula permen lollipop. Dikutip dari Streetdirectory.com, lollipop pertama kali diciptakan saat terjadinya perang sipil di Amerika Serikat pada 1861-1865.

Andrew Bradley rekan George Smith pencipta permen lollipop. (Historyspace.com)

Beberapa sumber sejarah lain menyebutkan, permen lollipop telah ada sejak 1800. Para arkeolog meyakini cikal bakal pembuatan permen lollipop merupakan ide dari bangsa China, Arab, dan Mesir kuno. Di kala itu, masyarakat Tiongkok, Arab, dan Mesir kuno membuat manisan dari campuran buah-buahan, kacang-kacangan, dan madu yang ditusuk dengan lidi agar mudah dimakan.

Advertisement

Nama Kuda

Di Inggris, permen dibuat dengan menggunakan stik agar lebih mudah dimakan. Dirangkum dari Historyspaces.com, pada 1905, George Smith bersama rekannya Andrew Bradley dari Amerika Serikat mencetuskan ide membuat permen yang ditusuk pada sebuah kayu agar mudah dimakan yang diberi nama lollipop. Nama lollipop diambil dari nama kuda pacuan kesayangannya, Lolly Pop.

Saat itu, George Smith memperkenalkan permen bertekstur lunak yang ditusukkan pada stik kayu buatannya kepada publik. Permen buatan itu ternyata laku keras di pasaran.

Advertisement

Sejak saat itu, permen lollipop mulai dikenal dan digemari oleh masyarakat. Saking terkenalnya, pada 1931, George Smith mendaftarkan lollipop sebagai merek permen buatannya.

Pada 1912, perusahaan Racine Confectionary Machine Company, di Racine, Wisconsin, Amerika Serikat meciptakan mesin pembuat permen lollipop pertama di dunia. Mesin itu mampu menghasilkan 2.400 batang permen per jam. Karena penemuan itu, perusahaan Racine Confectionary Machine Company, menyandang gelar sebagai pabrik pembuat permen terbesar di Amerika Serikat.

Pada 1916, Racine Confectionary Machine Company harus kehilangan gelarnya, karena seorang imigran asal Rusia, Samuel Born, berhasil menciptakan mesin pembuat permen lollipop otomatis. Mesin itu mampu menyelipkan stik kayu secara otomatis. Mesin ciptaannya itu menjadi cikal bakal mesin pembuat permen lollipop modern.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif