Teknologi
Minggu, 13 November 2016 - 06:00 WIB

Desain Rumah Seperti Ini Bisa Dihuni di Planet Mars

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Desain interior rumah untuk tinggal di planet Mars. (Istimewa)

Astronom dari Royal Observatory di London memperkirakan desain bangunan untuk tinggal di Planet Mars.

Solopos.com, JAKARTA – Bisa hidup di Planet Mars masih menjadi misteri dan terus dilakukan kajiannya oleh para ahli dari perusahaan teknologi dan para astronom. Untuk mendukung hal tersebut para ilmuwan berhasil menciptakan kemajuan di bidang ini. Salah satunya yang dilakukan oleh astronom dari Royal Observatory di London dan penulis buku “Bagaimana Kita akan Tinggal di Mars”, yakni Stephen Peatranek.

Advertisement

Seperti dilansir dari Business Insider, Sabtu (12/11/2016), mereka telah merancang rumah untuk mendukung kehidupan di Mars. Rumah ini tampak seperti sebuah pod dengan bentuk struktur setengah lingkaran.

Saat ini rumah tersebut sedang dipamerkan dalam peluncuran “MARS”, sebuah mini seri dari National Geographic yang menampilkan bagaimana manusia bisa hidup di planet merah itu beberapa abad yang akan datang.

Di dalam pod, terdapat semua fasilitas yang menunjang keperluan dan kebutuhan seseorang untuk hidup, seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur, dan living room. Hal itu diakui oleh Royal Observatory Public Astronomer Marek Kukula mengatakan, fasilitas itu untuk mengatasi tantangan bagaimana caranya manusia yang pindah ke Mars bisa tetap bahagia.

Advertisement

Untuk mengatasi kebosanan pula, setiap rumah pod tersebut akan dilengkapi dengan stasiun televisi, printer 3D, dan headset virtual realty. Printer 3D bisa berfungsi untuk merancang dapur dan mainan. Para astronom juga telah memperhatikan aspek keberlanjutannya atau sustainable dengan menempatkan tanaman pot dalam rumah.

Rumah-rumah tersebut dirancang untuk tidak memiliki jendela. Hal tersebut dikarenakan untuk mengantisipasi radiasi yang terjadi sekaligus jadi masalah terbesar yang akan dihadapi.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif