Soloraya
Minggu, 13 November 2016 - 19:40 WIB

BENCANA KARANGANYAR : Hujan Angin Sebabkan Longsor dan Pohon Tumbang

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tanah longsor di Dusun Ngemplak RT 003/RW 002 Jatiyoso pada Minggu (13/11/2016) sekitar pukul 11.30 WIB. (JIBI/Solopos/Istimewa/Dokumentasi Polres Karanganyar)

Bencana Karanganyar, hujan disertai angin kencang menyebabkan longsor dan pohon tumbang di Jatiyoso.

Solopos.com, KARANGANYAR — Hujan mengguyur sejumlah wilayah di Karanganyar pada Minggu (13/11/2016). Hujan yang disertai angin kencang itu mengakibatkan longsor dan pohon tumbang.

Advertisement

Informasi yang dihimpun Solopos.com, longsor terjadi di Dusun Ngemplak, Desa Jatiyoso, Kecamatan Jatiyoso, sekitar pukul 11.30 WIB. Longsor terjadi di dekat rumah warga Dusun Ngemplak RT 003/RW 002, Desa Jatiyoso, Kecamatan Jatiyoso, Parti, 70.

Tidak ada korban jiwa akibat kejadian itu, tetapi longsor nyaris mengenai bagian belakang rumah milik perempuan lanjut usia itu. Longsor terjadi pada tanah di bagian belakang rumah setinggi empat meter dan panjang enam meter tersebut.

Tanah longsor mengenai jalan kampung. Kerugian ditaksir Rp5 juta. Selain bencana alam tanah longsor, satu pohon di kompleks Candi Sukuh tumbang dan menimpa sebuah mobil yang diparkir di dekat kompleks Candi Sukuh pada Minggu sekitar pukul 13.30 WIB.

Advertisement

Informasi yang dihimpun Solopos.com, salah satu pohon cemara di kompleks Candi Sukuh di Desa Berjo, Ngargoyoso, tumbang. Pohon dengan tinggi 20 meter dan diameter 120 sentimeter itu diduga tumbang karena sudah lapuk.

Akar pohon tercerabut dari tanah. Pohon menimpa mobil Suzuki Ertiga warna silver berpelat nomor F 1622 LW milik warga Dukuh Ngelokidul, RT 002/RW 008, Kadipiro, Jumapolo, Ari Purnomo, 23.

Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Humas Polres Karanganyar, AKP Rochmat, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak, menuturkan petugas satpam kompleks Candi Sukuh, Sunarto, 58, melaporkan kejadian itu kepada Polsek Ngargoyoso.

Advertisement

Dua anggota polsek menindaklanjuti dengan mendatangi lokasi kejadian. “Hujan disertai angin terjadi di wilayah Ngargoyoso pada siang hari. Akibatnya pohon cemara tumbang diduga karena faktor usia sehingga lapuk. Mobil rusak pada bagian lampu depan sebelah kiri pecah. Kerugian Rp2 juta. Kami harap warga waspada karena curah hujan cukup tinggi,” tutur Rochmat saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif