Jateng
Sabtu, 12 November 2016 - 03:50 WIB

PERTANIAN GROBOGAN : Petani Grobogan Terima Traktor dari DPR

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Anggota komisi IV DPR Firman Subagyo mencoba mengoperasikan traktor roda empat dalam acara penyerahan bantuan kepada petani di Kelurahan Grobogan, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Jateng, Selasa (8/11/2016). (Grobogan.go.id)

Pertanian Grobogan mendapat bantuan alat pertanian modern dari anggota komisi IV DPR.

Semarangpos.com, GROBOGAN – Petani di Kelurahan Grobogan, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (8/11/2016) mendapatkan bantuan alat pertanian modern dari Kementerian Pertanian yang diserahkan anggota komisi IV DPR Firman Subagyo. Alat pertanian yang diperuntukan untuk petani di Grobogan tersebut adalah hand traktor, traktor roda empat, pompa air, sprayer, dan mesin tanam padi.

Advertisement

Dalam kesempatan tersebut, Firman berjanji kepada petani di Grobogan akan terus menambah bantuan pada tahun angarran 2017 mendatang. “Saya sudah berkoordinasi dengan Pak Menteri Pertanian supaya ada tambahan bantuan di Grobogan. Nanti, saya akan berjuang agar bantuan ini bisa terealisasi,” ujar politisi asal Pati itu seperti dilansir Grobogan.go.id.

Dalam acara penyerahan bantuan tersebut juga hadir Bupati Grobogan Sri Sumarni, Komandan Kodim 0717 Purwodadi Letkol Jan Piter Gurning, Ketua Komisi B DPRD Grobogan Budi Susilo, dan Kepala Dinas Pertanian Grobogan Edhie Sudaryanto.

Firman berharap dengan bantuan sarana pertanian tersebut akan mempercepat pengolahan tanah dalam persiapan lahan menjelang musim tanam. Ia juga berharap dengan alat modern tersebut maka petani Grobogan dapat memangkas waktu yang diperlukan untuk persiapan musim tanam.

Advertisement

Firman memaparkan selain memudahkan pengolahan lahan, peralatan modern tersebut juga bisa menimbulkan semangat generasi muda untuk menekuni dunia pertanian. “Minat generasi muda untuk terjun dibidang pertanian ini mulai menurun. Soalnya, mereka menganggap kerja dibidang ini selalu kotor karena bergelut dengan lumpur dan tanah. Nah, dengan alat modern ini kita harapkan anggapan itu bisa berubah,” kata Firman sembari mencoba mengoperasikan traktor roda empat yang diserahkan untuk petani.

Sementara itu, Bupati Sri Sumarni mengimbau para petani untuk membantu program pemerintah dalam menciptakan swasembada pangan nasional dengan berupaya meningkatkan produksi pertanian atau hasil panen. Ia mengungkapkan pada 2015 lalu Grobogan meraih juara nasional dalam bidang upaya khusus ketahanan pangan. Ia juga mengungkapkan para petani di Grobogan mendapatkan banyak bantuan dari Kementerian Pertanian tak lepas karena pretasi tersebut.

Sri Sumarni juga menambahkan, bantuan yang diterima bukan hanya peralatan pertanian namun juga berbagai macam penyediaan infrastruktur. “Selain itu, bantuan pembuatan sarana dan prasarana pertanian juga banyak kita dapat. Antara lain, pembangunan jaringan irigasi maupun jalan usaha pertanian,” ungkapnya. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif