Soloraya
Sabtu, 12 November 2016 - 06:10 WIB

KERAJINAN MEBEL KLATEN : Donald Trump Presiden AS, Eksportir Mebel di Klaten Ketir-Ketir

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi

Kerajinan mebel Klaten, kalangan eksportir mebel di Klaten khawatir menyusul terpilihnya Donald Trump sebagai presiden AS.

Solopos.com, KLATEN — Sejumlah eksportir mebel di Klaten ketir-ketir menghadapi dinamika ekonomi global menyusul terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden ke-45 Amerika Serikat.

Advertisement

Hal itu lantaran Donald Trump sering mengeluarkan pernyataan yang memicu perang dagang di tingkat internasional. Pembina Asosiasi Mebel Indonesia (Asmindo) Komisariat Daerah (Komda) Klaten, Ambar Suwarjono, mengatakan beberapa eksportir mebel di Kabupaten Bersinar sudah cemas dengan dinamika politik internasional menyusul terpilihnya Donald Trum sebagai presiden Amerika Serikat.

Saat kampanye, Donald Trump sering kali menawarkan program kontroversial, seperti mencegah imigrasi muslim hingga ingin menaikkan tarif impor di Amerika terhadap produk Tiongkok dan Meksiko sebesar 30 persen-40 persen.

“Di Klaten ini ada 30-an perusahaan eksportir. Yang paling banyak ke Eropa. Ada juga ke Amerika Serikat. Untuk industri kecil menengah [IKM] mencapai 3.000-an. Sebagai salah satu eksportir mebel, tentu ada perasaan cemas [menyusul terpilihnya Donald Trump]. Kalau Amerika Serikat jadi membatasi impornya [dengan menaikkan tarif impor] bisa berpengaruh besar pada eksportir. Saat ini, kami memilih wait and see terlebih dahulu,” kata mantan Ketua Asmindo Komda Klaten tersebut kepada wartawan di Klaten, Jumat.

Advertisement

Disingung tentang jumlah eksportir di Klaten dengan tujuan Amerika Serikat, Ambar mengaku tak dapat menjelaskan secara detail. Hal tu termasuk pula produksi atau pengiriman barang ke Amerika Serikat setiap bulannya.

“Untuk eksportir di Klaten kan lumayan banyak. Kami belum memiliki data tentang itu [jumlah eksportir mebel ke Amerika Serikat sekaligus jumlah barang yang diekspor]. Yang jelas, saat ini ada pengiriman ke Amerika Serikat juga,” kata dia.

Biasanya eksportir mengirim barang rata-rata satu kontainer per bulan senilai U$10.000-$12.000 per kontainer. Dia berharap ekonomi global tetap kondusif ke depannya.

Advertisement

Hal senada disampaikan mantan eksportir mebel di Sajen, Trucuk, Karsono. “Terpilihnya Donald Trump sebagai presiden Amerika Serikat juga menarik disimak. Banyak pengusaha mebel yang sudah membicarakan hal ini,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif