News
Jumat, 11 November 2016 - 07:00 WIB

Plus Minus Investasi Emas dan Properti

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi emas batangan (JIBI/Dok)

Banyak ragam investasi yang ditawarka, salah satunya emas dan properti.

Solopos.com, SOLO — Aneka jenis investasi menawarkan beragam jenis beragam keuntungan. Paling diminati di Indonesia yakni invetasi emas dan properti.

Advertisement

Investasi bisa berupa uang, barang, perhiasan emas, maupun tanah. Jenis investasi tersebut pasti memiliki untung rugi. Berikut ini plus minus investasi emas dan properti sebagaimana dihimpun dari Sahabatpegadaian.com:

Investasi Properti

Advertisement

Investasi Properti

Plus:

Harga tanah terus naik
Keuntungan pertama dari investasi properti adalah harganya yang kian naik seiring berjalannya waktu. Bahkan pada beberapa kasus, naiknya bisa cukup tajam. Hal ini umumya disebabkan karena tingginya permintaan tanah (ledakan penduduk), sementara lahan kosong yang tersedia semakin sempit.

Advertisement

Minus:

Butuh modal besar
Seperti yang sudah kita ketahui, tanah adalah aset yang harganya mahal, terlebih jika tanah ini terletak di lokasi yang strategis. Jika berniat menjadikan tanah sebagai media investasi, pastikan modal yang Anda miliki cukup. Perawatan properti pun termasuk mahal. Anda harus rajin membayar pajak serta merenovasi bagian-bagian yang rusak setiap tahunnya.

Kesulitan dalam Menjual
Harga properti yang relatif tinggi membuatnya tidak mudah untuk dijual. Bila Anda membutuhkan uang secara mendadak, Anda harus sabar bila ingin menjual properti Anda. Calon pembeli membutuhkan waktu cukup lama untuk menentukan jadi atau tidaknya pembelian properti. Maka dari itu, investasi properti bukan pilihan tepat bila Anda membutuhkan dana darurat di masa depan.

Advertisement

Investasi Emas

Plus:

Bersifat Likuid
Emas memiliki likuiditas tinggi dimana artinya emas dapat diuangkan dengan cepat. Bila Anda membutuhkan dana darurat, menjual emas bisa membantu Anda. Emas perhiasan dan emas Emas adalah logam yang tahan korosif, sehingga disimpan berapa lamapun tidak akan berkarat. Selain itu, perawatan emas juga mudah dan tidak memutuhkan perlakuan khusus. Emas layaknya alat tukar uang, tapi dalam bentuk berbeda dan nilainya yang cenderung naik.

Advertisement

Tidak Ada Pajak
Tidak seperti investasi lainnya, emas adalah investasi yang bebas pajak. Jadi sebanyak apa pun emas yang kita miliki, tidak perlulah khawatir dengan kewajiban membayar pajak.

Minus:

Harga Tidak Stabil
Meskipun cenderung naik, emas juga beberapa kali mengalami jatuh harga meskipun pada akhirnya akan naik lagi. Pandailah membaca situasi ketika memutuskan untuk memilih emas sebagai alat investasi. Emas cocok untuk investasi jangka panjang karena dapat dipastikan dalam kurun watu yang lama, harga emas akan naik.

Butuh Tempat yang Aman
Emas membutuhkan tempat penyimpanan yang aman, apalagi jika Anda memiliki emas dalam jumlah banyak. Pastikan Anda memiliki tempat penyimpanan emas yang aman atau Anda juga bisa memanfaatkan jasa penitipan emas.

Jadi, mana yang lebih baik bagi Anda? Investasi emas atau properti? Tentunya perpaduan antara kedua investasi ini bisa memberikan keuntungan bagi Anda. Jika Anda tertarik mencoba investasi emas, dapatkan informasi lengkap seputar panduan berinvestasi emas dalam ebook persembahan sahabat pegadaian. Selamat mencoba kedua investasi ini!

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif