Dari kiri, Instagramer Awkarin, Facebooker Jonru,Youtuber Younglex, Broadcaster Bigo Live Adelia Zahra. (Istimewa) Dari kiri, Instagramer Awkarin, Facebooker Jonru,Youtuber Younglex, Broadcaster Bigo Live Adelia Zahra. (Istimewa)
Rabu, 9 November 2016 15:57 WIB Jafar Sodiq Assegaf/JIBI/Solopos.com Internet Share :

SERBA LIMA
5 Seleb Sosmed yang Sering Dihujat Haters

Sejumlah seleb media sosial semakin dikenal karena jumlah hatters yang begitu banyak.

Solopos.com, SOLO – Media sosial Internet menemukan tempat yang cukup nyaman di era teknologi masa kini. Seiring dengan berkembangnya platform ini, sejumlah sosok populer mulai bermunculan. Ada yang dipuja, tapi ada pula yang justru sebaliknya.

Felix Arvid Ulf Kjellberg menjadi contoh seorang pengguna media sosial yang banyak diidolakan. Pria Swedia yang dikenal dengan nama Pewdiepie menjadi begitu populer dengan jutaan subsriber yang setia menunggui video terbarunya diunggah.

Image berbeda muncul dari sosok Dan Bilzerian. Pria asal Amerika Serikat (AS) ini menjadi salah satu sosok paling dibenci lantaran gaya hidup glamor yang dipamerkan melalui Instagram. Meski begitu, pria yang pernah berpolemik dengan bintang film biru ini justru menjadi sosok yang populer.

Berkah hatters rupanya bukan hanya dirasakan Dan Bilzerian. Di Indonesia, sejumlah seleb media sosial menjadi begitu terkenal karena banyaknya hatters.

Siapa saja? Dihimpun Solopos.com, Rabu (9/11/2016), dari berbagai sumber, inilah sejumlah seleb media sosial (sosmed) yang memiliki hatters luar biasa banyak;

Karin Novilda (Instagramer)

Popularitas Awkarin di Instagram sudah tak bisa diragukan lagi. Pemilik nama asli Karin Novilda ini menjadi salah satu Instagramer populer yang tidak hadir dari industri hiburan media lain seperti televisi.

(Baca: Sosok Karin Novilda: Dari Siswi Berprestasi hingga jadi Selebgram “Hot”)

Tapi, tak bisa dipungkiri popularitas Awkarin melejit begitu cepat “berkat” bantuan hatters. Instagramer yang satu ini memang punya banyak hatters. Jumlahnya semakin bertambah saat video klip Bad diluncurkan. (Baca: Duet Bareng Awkarin, Klip Young Lex Di-bully Habis-Habisan)

Jauh sebelum berkolaborasi dengan Younglex, Awkarin banyak dibenci karena unggahannya di Instagram. Awkarin dianggap memberi contoh buruk bagi remaja masa kini. Dia banyak memamerkan cara hidup hedonis, berkata-kata kasar, hingga berpose dengan pakaian minim. Aksinya itu bahkan membuat Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) resah.

Young Lex (Youtubers)

Samuel Alexander Pieter alias Young Lex kali pertama dikenal lewat fenomena cabe-cabean. Pria yang nampak serius menjalani karier di musik hip hop ini memperkenalkan cara mengidentifikasi cabe-cabean.

(Baca: 10 Kriteria Cabe-Cabean versi Younglex)

Karier Young Lex melejit setelah berkolaborasi dengan Youtubers populer Skinnyindonesia24 hingga Reza Oktovian. Dia juga kerap tampil dengan komedian stand up Kemal Pahlevi. Tak berhenti sampai di situ, kolaborasinya bersama Awkarin menjadi salah satu yang turut kembali mendongkrak popularitasnya.

Dimulai dari video klip Bad dengan Awkarin, sosok Younglex mulai mengunduh hatters dari segmen baru. Kehidupan Younglex mulai dikulik hingga sosoknya yang dikenal kontroversial di kalangan musisis hip-hop.

Beberapa pekan terakhir, berbagai video dengan teman “Diss Younglex” terus bermunculan. Diss adalah rekaman rap yang dimaksudkan untuk meremehkan atau menyerang seseorang atau kelompok tertentu.

Hatters Younglex juga kembali bertambah ketika dirinya menyinggung rapper Iwa K di salah satu pernyataannya ketika melakukan wawancara dengan wartawan media online.

Jonru (Facebooker)

Jon Riah Ukur Ginting alias Jonru mulanya hanya politikus biasa. Namun, seiring dengan panasnya “perang status” di Facebook pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, sosok Jonru menjadi begitu populer. Setelah itu, Jonru lebih dikenal sebagai seleb sosmed alih-alih politikus partai.

(Baca: Inilah Sosok Jonru Ginting)

Jonru dikenal sebagai sosok yang kontroversial. Dia pernah dikecam lantaran tudingannya kepada ahli tafsir Alquran, Quraish Shihab. Dia juga kerap membuat netizen panas dengan unggahan foto rekayasa dan postingan-postingan yang kerap dituding hoax.

(Baca: Geregetan, Netizen Minta Jonru Diwawancara Najwa Shihab)

Saking kesalnya, seorang netizen membuat arti baru untuk kata “Jonru.” Di kamus bahasa gaul Kamuslang, “Jonru” diartikan sesuatu perbuatan yang tercela. Dalam kata benda, “Jonru” berarti “perkataan bohong”. Sedangkan dalam kata sifat, “Jonru” berarti “menjelekkan”.

“men-jonru (verb): menjelekkan nama orang (menodai nama baik, merugikan kehormatan, dsb),” tulis kamus itu yang diakses 2014 silam.

(Baca: Kata “Jonru” Muncul di Kamus Online)

Adelia Zahra (Broadcaster Bigo Live)

Nama Adelia Zahra mendadak populer di kalangan pengguna aplikasi live chatting Bigo. Gadis yang mengaku dari Makassar ini kerap menampilkan adegan senonoh dan tampil mengenakan jilbab.

(Baca: Tampil Hot di Bigo, Gadis Berjilbab Adelia Zahra Bikin Heboh)

Tak banyak hal bisa digali dari sosok Adelia Zahra. Dia kerap tampil live di Bigo dengan memakai jilbab. Barangkali karena hal ini, Adelia menjadi begitu populer dibanding perempuan “hot” lain di Bigo.

Saat tampil, Adelia selalu memakai pakaian tertutup. Selain memakai jilbab, dia juga menggunakan baju lengan panjang dan sangat jarang memperlihatkan bagian intimnya.

(Baca: Duh, Bigo Live Kerap Dipakai Tayangkan Adegan Mesum)

Penampilan senonoh Adelia ini tentu membuat banyak orang geram. Apalagi dia memperlihatkan aksi mesum dengan tetap mengenakan jilbab. Saking kesalnya, sejumlah netizen mengungkap kebobrokan Zahra yang dituding sebagai seorang waria.

Mulan Jameela

Tak lengkap rasanya membuat daftar seleb sosmed yang punya paling banyak hatters jika tak menyebut sosok Mulan Jameela. Istri Ahmad Dhani ini sejatinya hanya satu diantara sekian banyak artis televisi yang akun media sosialnya sangat populer.

Tapi, kiprah Mulan di media sosial terbilang tak lazim. Serangan bertubi-tubi hatters selalu didapatnya setiap hari, bahkan setelah akunnya diberlakukan kebijakan privasi.

(Baca: Pamer Mulan, Foto Jepretan Riomotret Dicibir Habis-Habisan)

Jika tidak ingin dibilang liar, sepak terjang hatters Mulan di media sosial terbilang unik dibanding yang lain. Bayangkan saja, namanya disebut dengan berbagai macam cacian di postingan-postingan yang bahkan tidak berhubungan dengannya. Sejumlah akun media sosial dibuat khusus sebagai basis hatters. Nama-nama akun “Anti-Mulan”pun dibuat dengan embel-embel kata-kata kasar dan melecehkan.

(Baca: Maia Upload Foto, Mulan Jameela yang Di-Bully)

lowongan kerja
lowongan kerja PT. BPR DANAMAS PRATAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


3

Kolom

GAGASAN
Melawan Hoax Marketing

Gagasan Solopos, Jumat (3/2/2017), Ginanjar Rahmawan, dosen Bisnis dan Kewirausahaan STIE Surakarta yang juga mahasiswa S3 Community Development for SME’s UNS Solo. Beralamat email di rahmawan@stiesurakarta.ac.id. Solopos.com, SOLO — Minggu lalu, 8 Januari 2017, masyarakat anti hoax mendeklarasikan gerakan melawan…