Jogja
Rabu, 9 November 2016 - 14:40 WIB

LOWONGAN KERJA KULONPROGO : Warga Luar Daerah Mendaftar, Warga Lokal Tersingkir

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Lowongan kerja Kulonprogo banyak diminati warga hingga luar daerah

Harianjogja.com, KULONPROGO-Layanan penempatan tenaga kerja untuk jalur Antar Kerja Antar Daerah (AKAD) banyak diakses oleh warga luar Kulonprogo. Pemkab Kulonprogo berharap warga Kulonprogo meningkatkan kualitas kompetensi diri serta kelengkapan administrasi agar tidak kalah bersaing.

Advertisement

Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Kulonprogo telah memberikan layanan penempatan AKAD bagi 1.126 orang per Oktober kemarin. Meski belum genap setahun, angka tersebut telah melebihi capaian sepanjang 2015 yang tercatat 1.088 orang.

Namun, tidak semuanya berasal dari Kulonprogo. “Banyak warga luar daerah yang ikut tes dan justru mereka yang banyak berhasil,” kata Kepala Bidang Dinsosnakertrans Kulonprogo, Heri Darmawan, Selasa (8/11/2016).

Heri memaparkan, layanan penempatan tenaga kerja memang terbuka untuk umum. Warga luar Kulonprogo juga dapat mengaksesnya dan mengikuti serangkaian proses seleksi yang difasilitasi Pemkab Kulonprogo.

Advertisement

Namun, kesiapan warga luar Kulonprogo ternyata dinilai lebih baik. Berdasarkan hasil evaluasi, banyak peserta asal Kulonprogo yang bahkan tidak siap secara administrasi seperti kepemilikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Hal itu membuat mereka tidak lolos seleksi.

“Kami mengimbau dokumen yang dibutuhkan harus segera dicari dan dilengkapi setelah tahu kalau yang bersangkutan memenuhi syarat,” ujar Heri.

Heri juga menyebut kegigihan warga Kulonprogo untuk lolos seleksi cenderung kurang. Mereka enggan kembali untuk mengikuti tes setelah gagal dalam salah satu tahapan. Hal itu umumnya terjadi setelah gagal seleksi wawancana.

Advertisement

Padahal, lowongan dan permintaan tenaga kerja terus berdatangan. Dia berharap warga Kulonprogo lebih semangat, tidak takut bersaing, dan memanfaatkan setiap kesempatan dan peluang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif