News
Rabu, 9 November 2016 - 12:10 WIB

KISAH INSPIRATIF: Warga Kota Ini Bikin Bangunan dengan Bahan Daur Ulang Sampah

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bar terbuat dari sampah (Istimewa/Hiroshi Nakamura & NAP)

Kisah unik kali ini tentang bar di Kamikatsu, Jepang.

Solopos.com, KAMIKATSU – Sebuah bar di Kota Kamikatsu, Jepang menarik perhatian pecinta lingkungan. Bar itu dibangun sepenuhnya dari bahan daur ulang. Menariknya, di kota bar itu berdiri 80% sampahnya kembali dimanfaatkan menjadi benda-benda layanan publik.

Advertisement

Bar bernama Rise & Win Brewing Co. itu Juli 2016 memenangkan penghargaan Wan Sustainable Buildings 2016. Ini adalah penghargaan tentang pemanfaatan lingkungan. Desain bar tersebut dipegang oleh Hiroshi Nakamura & NAP.

Dilansir Boredpanda, Selasa (8/11/2016), bar tersebut tidak hanya bisa digunakan untuk berkumpul dan minum-minum. Bangunan itu juga memiliki penginapan dan pembuat kopi. Tak hanya bangunannya, perabotan bar tersebut juga dibuat dari barang-barang bekas yang didaur ulang.

Bar tersebut berdiri setinggi delapan meter. Dindingnya berasal dari campuran kayu dari rumah kosong di kota tersebut. Bar itu dipenuhi jendela sehingga tetap sejuk di musim panas, dan memiliki pemanas tanpa radiasi karbon yang bisa membuat pengunjung tetap nyaman di musim dingin.

Advertisement

Dikutip dari Inhabitat, untuk menjadi kota yang hampir bebas emisi, penduduk Kota Kamikastu memisahkan sampah dalam 34 kategori. Semua sampah diklaim digunakan kembali untuk layanan publik.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif