Lifestyle
Selasa, 8 November 2016 - 09:00 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Jahe Bikin Cantik

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi jahe parut (Boldsky.com)

Tips hidup sehat membahas tentang khasiat jahe bagi tubuh.

Solopos.com, SOLO – Jahe merupakan bahan alami yang memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Para orang tua zaman dahulu meyakini jahe mampu menyembuhkan segala macam penyakit mulai dari flu, sakit perut, luka lebam, sampai merawat kecantikan kulit.

Advertisement

Jahe mengandung lebih dari 40 jenis antioksidan yang mampu mengusir segala racun dari dalam tubuh, meningkatkan sirkulasi darah, serta meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, jahe juga mengandung antiseptik yang mampu menyembuhkan luka.

Dilansir Boldsky, Minggu (6/11/2016), berikut beberapa khasiat yang bisa diperoleh dari jahe:

Advertisement

Dilansir Boldsky, Minggu (6/11/2016), berikut beberapa khasiat yang bisa diperoleh dari jahe:

Menyembuhkan luka lebam
Menyembuhkan luka lebam menggunakan jahe sangatlah mudah. Caranya, potong satu ruas jahe, kemudian parut. Oles parutan jahe itu ke bagian tubuh yang memar, lalu lakukan pemijatan secara lembut. Biarkan sampai sari jahe diserap kulit. Lakukan pengobatan itu secara rutin sampai luka lebam sembuh, minimal dua kali sehari.

Menyembuhkan jerawat
Selain menyembuhkan luka lebam, jahe juga terbukti ampuh menyembuhkan jerawat. Caranya, buatlah masker dengan mencampurkan satu sendok teh parutan jahe dengan satu sendok teh madu. Oleskan masker tersebut pada kulit yang ditumbuhi jerawat, dan diamkan selama 30 menit sampai masker mengering. Setelah kering, bilas wajah dengan air dingin. Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan ini sekali dalam sepekan.

Advertisement

Melemaskan otot yang kaku
Jika otot dan sendi terasa kaku dan tegang, cobalah berendam dengan air hangat yang dicampur dengan dua sendok makan jahe parut dan setengah cangkir garam. Cara itu dinilai mampu melemaskan otot-otot yang kaku dan tegang, serta memperlancar sirkulasi darah.

Menghaluskan kulit
Anda bisa membuat lulur jahe untuk menghaluskan kulit. Caranya, campurkan dua sendok makan minyak zaitun dan dua sendok makan jahe parut. Gosokan lulur jahe secara merata ke seluruh tubuh, dan diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

Menumbuhkan rambut
Selain minyak kemiri, jahe dinilai mampu mempercepat pertumbuhan rambut. Memanfaatkan jahe untuk menumbuhkan rambut bisa dilakukan dengan cara mencampur dua sendok makan sari jahe dengan lima sendok makan minyak zaitun. Usapkan ramuan itu ke kulit kepala secara merata disertai pijatan lembut, dan biarkan semalaman. Pagi harinya, keramaslah dengan sampo seperti biasa.

Advertisement

Menghilangkan selulit
Garis-garis halus yang biasanya dijumpai pada tubuh wanita atau biasa disebut selulit tentu sangat mengganggu penampilan. Nah, tidak usah bingung untuk menghilangkannya. Anda bisa menghilangkan selulit dengan jahe.

Caranya, campurkan dua sendok makan minyak zaitun dengan dua sendok makan jahe parut dan satu sendok makan bubuk kayu manis. Oleskan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang terdapat selulit. Pijat dengan lembut agar ramuan terserap dengan baik oleh kulit. biarkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Untuk hasil maksimal, lakukan perawatan ini setiap malam menjelang tidur. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif