News
Senin, 7 November 2016 - 07:10 WIB

PELAYANAN PERPAJAKAN : Kantor Layanan Pajak Terpadu Pertama Ada di The Park Mall

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Peluncuran loket Pelayanan Pajak Daerah Sukoharjo di The Park Mall Solo Baru, Sukoharjo, Minggu (6/11/2016). (Solopos-Ivanovich Aldino)

Kantor Layanan Pajak Terpadu pertama di Indonesia dibuka di The Park Mall Sukoharjo.

Solopos.com, SUKOHARJO — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng membuka Kantor Layanan Pajak Terpadu pertama di Indonesia di lower ground The Park Mall Solo Baru, Sukoharjo, Minggu (6/11/2016). Kantor layanan ini melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor, pajak daerah, dan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM).

Advertisement

Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (DPPAD) Jateng, Hendri Santosa, menyampaikan layanan kantor pajak ini melibatkan lima instansi, yakni Pemprov Jateng, Pemkab Sukoharjo, kepolisian, Bank Jateng, dan PT Jasa Raharja. Dia mengatakan layanan terpadu ini merupakan salah satu upaya perwujudan layanan publik yang mudah, murah, dan cepat.

Dia menyebutkan kantor layanan pajak terpadu melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor, sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas dan angkutan jalan (WSDLLAJ), pelayanan registrasi identifikasi dan pengesahan STNK, perpanjang SIM, pajak Pemkab Sukoharjo, dan layanan payment point oleh Bank Jateng.

Advertisement

Dia menyebutkan kantor layanan pajak terpadu melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor, sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas dan angkutan jalan (WSDLLAJ), pelayanan registrasi identifikasi dan pengesahan STNK, perpanjang SIM, pajak Pemkab Sukoharjo, dan layanan payment point oleh Bank Jateng.

“Layanan di sini [kantor layanan pajak terpadu] tidak akan terusik dengan penawaran jasa ilegal pengurusan pajak dengan biaya yang memberatkan masyarakat. Oleh karena itu, diharapkan masyarakat menjadi semakin taat membayar pajak untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah [PAD],” ungkap Hendri kepada wartawan di sela-sela meninjau Kantor Layanan Pajak Terpadu, Minggu.

Dia mengungkapkan model layanan ini akan dikembangkan di kota besar lainnya di Jateng. Menurut dia, di Semarang sudah ada layanan pembayaran pajak di mal tapi masih terbatas untuk pajak yang disetorkan ke Pemprov Jateng.

Advertisement

Pembayaran kendaraan bermotor ini pun bisa dimanfaatkan seluruh masyarakat Jateng karena sudah menggunakan sistem online. Namun dia mengakui apabila untuk pengurusan Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) dan penggantian nomor kendaraan tetap dilakukan di Kantor Samsat daerah.

“Belum ada target pembayaran pajak di kantor ini karena ini sifatnya masih sosialisasi tapi berupaya menjaring sebanyak mungkin wajib pajak, terutama untuk kalangan menengah atas,” kata dia.

Channel Elektronik

Advertisement

Kantor Layanan Pajak Terpadu yang bekerja sama dengan PT Tristar Land ini buka setiap Senin-Sabtu dengan jam kerja mengikuti mal, yakni pukul 10.00 WIB-21.00 WIB setiap Senin-Jumat, sedangkan Sabtu dilayani hingga pukul 12.00 WIB.

Direktur Operasional dan Syariah Bank Jateng, Hana Wijaya, menyampaikan kehadiran kantor layanan ini mempermudah masyarakat karena tidak perlu menitipkan lewat calo atau mengambil cuti ketika ingin menunaikan kewajiban membayar pajak. Pembukaan payment point Bank Jateng ini pun baru kali pertama diadakan di mal sehingga dia mengaku belum ada target khusus.

Menurut dia, digitalisasi pembayaran pajak ini terus dimatangkan. Apabila nantinya antara Pemprov Jateng dan Polda Jateng sudah house to house layanan bisa lebih cepat melalui channel elektronik.

Advertisement

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas), Kombes Herukoco, menyampaikan pembukaan kantor layanan ini sebagai perluasan dan mendekatkan layanan kepada masyarakat.

“Masyarakat bisa membayar pajak sambil belanja dan jalan-jalan dengan keluarga di tempat yang nyaman dan adem serta dipastikan tidak akan ada pungli. Kami upayakan bisa melayani masyarakat sebanyak mungkin karena waktu layanan lebih longgar,” kata dia.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif