News
Senin, 7 November 2016 - 14:45 WIB

KISAH UNIK : Ajaib! Bola Salju Alami Terbentuk di Pinggir Pantai

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - bola-bola salju alami di Teluk Ob (The Siberian Times)

Kisah unik kali ini tentang fenomena alam bola saljut di teluk OB.

Solopos.com, OB BAY – Sebuah fenomena alam langka terjadi di Teluk OB, Rusia Utara. Ribuan bola salju tergeletak di pinggir pantai dekat desa Nyda. Bola-bola salju itu ada yang sebesar bola tenis, hingga berdiameter satu meter.

Advertisement

Dilansir The Siberian Times, Jumat (04/11/2016), bola-bola salju hasil fenomena alam ini kali pertama ditemukan oleh warga Desa Nyda pada akhir Oktober 2016. Tidak ada warga yang bisa menjelaskan atau pernah menyaksikan fenomena tersebut sebelumnya.

“Bola-bola salju itu hanya berada di satu lokasi, seperti seseorang menempatkannya di sana. Ukurannya bermacam-macam, ada yang sebesar bola tenis, ada juga yang sebesar bola basket,” ungkap Ekaterina Chernykh, warga setempat, seperti dikutip The Siberian Times.

Diungkap BBC Online, Sabtu (05/11/2016), bola-bola salju berbagai ukuran menutupi bibir pantai sepanjang 18 kilometer. Ukuran maksimal diungkapkan bola yang berdiamater 1 meter. Bola-bola salju yang berdempet-dempetan satu sama lain membentuk layaknya dinding bola salju saat ada bagian yang meleleh.

Advertisement

Institusi Penelitian Arktik dan Antartika (AARI) menyebut fenomena ini sebagai sebuah peristiwa langka. Melalui juru bicara Sergey Lisenkov AARI menjelaskan teori terbentuknya bola salju secara alami itu.

Bola salju itu terbentuk karena salju yang runtuh saat air teluk meningkat dan merendam tanah bersalju. Salju yang tercecer di pinggir pantai diduga terkena angin hingga terbentuk bola salju. Angin, bentuk pinggir pantai, dan suhu sekitar diduga sebagai pendukung utama bola salju terbentuk.

Fenomena di Teluk Ob ini bukan yang terjadi pertama kali. Sebelumnya, pada 2014 fenomena serupa terjadi di Teluk Finlandia. Pada Desember 2015 fenomena serupa juga terjadi di Danau Michigan, Amerika Serikat.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif