Jogja
Senin, 7 November 2016 - 06:40 WIB

KESEHATAN ANAK : Penuhi Nutrisi agar Anak Punya Keterampilan Sosial Lebih Baik

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi bocah balita (JIBI/Dok)

Keterampilan sosial penting ditumbuhkan agar anak mampu bekerjasama dengan orang lain.

Harianjogja.com, SLEMAN– Dalam masa tumbuh kembang anak, terdapat lima hal yang penting dan harus selaras untuk selalu diperhatikan para orang tua, yakni aspek fisik, kemampuan kognitif, kemampuan bahasa, emosi dan keterampilan sosial.

Advertisement

Dokter spesialis gizi klinik Dian Permatasari menjelaskan, anak yang nutrisinya terjaga akan menjadi anak yang sehat dan mampu beraktivitas dengan baik. Anak dengan nutrisi yang lengkap, juga berpotensi memiliki keterampilan sosial lebih baik dibanding anak yang nutrisinya tidak tercukupi. “Status nutrisi memiliki hubungan dengan perkembangan sosio-emosional anak dalam masa tumbuh kembang,” jelasnya dalam Kampanye Pemenuhan Nutrisi Anak, Jogja City Mall, Minggu (6/11/2016).

Menurutnya, keterampilan sosial penting ditumbuhkan agar anak mampu bekerjasama dengan orang lain. Selama masa tumbuh kembang, anak memiliki rasa percaya diri dan mampu menempatkan dirinya pada lingkungan yang tepat. Keterampilan sosial ini memiliki kaitan erat dengan pemenuhan nutrisi yang tepat dan lengkap. Nutrisi salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Kalau nutrisi pada anak diberikan secara tepat dan lengkap, anak akan menjadi sehat.

“Salah satu ciri anak yang sehat adalah mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Itu merupakan salah satu wujud dari keterampilan sosial yang dimiliki anak,” ungkapnya.

Advertisement

Psikolog Anna Surti Ariani menegaskan, seorang anak bisa memiliki keterampilan sosial yang baik jika nutrisi yang diterima baik. Jika nutrisi cukup, anak juga akan lebih tahan menghadapi stres, mampu meregulasi emosinya, leluasa mengeksplorasi lingkungan di sekitarnya dan menjadi anak yang supel. “Kalau keterampilan sosial anak baik, ia lebih mudah diterima oleh siapapun di lingkungannya,” tuturnya.

Bahkan anak dengan nutrisi yang baik, lanjut dia, lebih mampu menyelesaikan masalah dengan orang lain, dapat mengasah berbagai keterampilan hidup dan membantu mengurangi kesulitan di sekolah. “Dengan nutrisi yang baik, anak lebih semangat bersekolah sehingga prestasinya lebih optimal. Secara keseluruhan anak mampu menikmati hidupnya dan merasa lebih bahagia,” tambahnya.

Senior Brand Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo mengatakan, keterampilan sosial pada anak sangat penting. Pihaknya akan terus memberikan produk susu pertumbuhan bernutrisi baik untuk mendukung anak tumbuh lebih optimal. “Kami sudah lebih 60 tahun beroperasi dan berpengalaman menyediakan produk nutrisi bagi anak-anak,” katanya.
Dia menyontohkan, SGM Eksplor merupakan hasil kolaborasi pusat penelitian Sarihusada di Jogja dan pusat penelitian Nutricia di Singapura dan Belanda. Pihaknya selalu berkomitmen untuk memberikan produk-produk inovatif untuk membantu mendukung pertumbuhan anak.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif