Jogja
Jumat, 4 November 2016 - 21:55 WIB

BANDARA KULONPROGO : Pekan Depan Pembayaran Ganti Rugi Tahap Kedua

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rombongan Parampara Praja mengelilingi lokasi calon bandara dan sempat singgah sejenak di Pantai Congot, Temon, Kulonprogo, pada Kamis (3/11/2016). (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

Bandara Kulonprogo untuk ganti rugi akan kembali dibayarkan.

Harianjogja.com, JOGJA — Pemerintah mengklaim sejumlah warga yang awalnya melakukan penolakan terhadap bandara melunak. Pembayaran ganti rugi lahan tahap kedua akan dilakukan pekan depan.

Advertisement

(Baca Juga : BANDARA KULONPROGO : Penasihat Gubernur Tinjau Lokasi Bandara)

Dirjen Pengadaan Tanah Kementerian Agraria dan Tata Ruang Arie Yuriwin mengatakan, setelah proses pembayaran ganti rugi lahan Bandara Kulonprogo berjalan, ada indikasi warga mulai melunak. Contohnya, kata dia, dari awalnya yang tidak bersedia lahannya diukur, kini banyak minta diukur oleh petugas.

“Begitu pembayaran ini sudah mulai berbalik arah, dalam arti, dari yang dulu tidak mau diukur sekarang mau diukur, dulu minta relokasi jangka waktunya satu tahun, mereka minta ganti uang,” terangnya di Kompleks Kepatihan, Jumat (4/11/2016).

Advertisement

Mantan Kepala BPN DIY ini menambahkan, saat ini total anggaran yang telah dikeluarkan untuk ganti rugi lahan sebesar Rp2,3 triliun dari keseluruhan Rp4,1 triliun. Awal Nopember 2016 ini menjadi center poin untuk penyelesaian pengadaan lahan. Pada pekan depan akan dilakukan pembayaran ganti rugi lahan tahap kedua. Sehingga, ia memastikan perkembangan pengadaan lahan sudah mencapai 80%.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif