Jateng
Kamis, 3 November 2016 - 13:50 WIB

ISC A 2016 : Amankan Persija Vs Persib di Solo, Polda Jateng Kirim Brimob Boyolali

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi

ISC A 2016 salah satu bigmatch-nya menpertemukan Persija Jakarta dan Persib Bandung di Solo.

Semarangpos.com, SEMARANG – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah (Jateng) menyatakan kesiapan mengamankan laga Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016 antara Persija Jakarta dan Persib Bandung di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (5/11/2016). Demi mengamankan laga yang sarat emosi itu, Polda Jateng menyiagakan sepasukan Brimob.

Advertisement

“Tentu kami akan mengamankan laga itu. Nanti dari kami [Polda Jateng] akan mengirimkan pasukan Brimob Detasemen C yang bermarkas di Boyolali,” ungkap Kapolda Jateng, Irjen Pol. Condro Kirono, saat dijumpai Semarangpos.com di Mapolda Jateng, Semarang, Selasa (1/11/2016).

Condro memperkirakan laga lanjutan ISC A 2016, Persija Jakarta versus Persib bandung, akan berjalan tertib dan lancar. Hal ini karena dalam laga yang sering disebut-sebut sebagai duel klasik Indonesia itu suporter dari salah satu tim tidak diperbolehkan datang.

Dalam laga ini, lanjut Condro, hanya suporter Macan Kemayoran, julukan Persija Jakarta, yang diizinkan untuk datang dan menyaksikan secara langsung jalannya laga di Stadion Manahan, Solo. Itu pun dengan catatan suporter Jakmania, julukan suporter Persija, hadir tanpa mengenakan atribut.

Advertisement

Sementara itu, perlakuan berbeda diberikan kepada suporter Maung Bandung, sebutan Persib. Suporter Persib, baik dari kelompok Bobotoh maupun Viking, tidak diperbolehkan hadir ke Stadion Manahan, Solo.

“Kami persilakan suporter Persib untuk menonton di rumah melalui layar kaca. Itu merupakan salah satu upaya negosiasi kami untuk menghindari bentrok antarsuporter karena kalau suporter kedua tim diizinkan datang cukup berisiko,” tutur Kapolda.

Bukan hanya di kompetisi ISC A 2016, selama ini, duel antara Persija dengan Persib memang kerap diwarnai bentrok di antarsuporter kedua belah pihak. Dalam bentrokan itu, bahkan tak jarang jatuh korban jiwa.

Advertisement

Oleh karena itu tak heran jika pihak keamanan, yakni aparat kepolisian selalu memberikan pengamanan secara intensif setiap duel Persija vs Persib digelar. Baik dengan memberikan tumpangan kepada para pemain dengan kendaraan Barracuda maupun pengamanan berlapis di dalam maupun luar stadion.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif