Jogja
Rabu, 2 November 2016 - 01:20 WIB

RESTORASI GUMUK PASIR : Surat Teguran I untuk Dua Pengelola Tambak

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ALIH FUNGSI LAHAN Sejumlah warga menyelesaikan pembuatan tambak udang di Pantai Kuwaru, Bantul, Yogyakarta, Senin (3/3). Bisnis tambak udang yang menjanjikan peluang keuntungan yang besar membuat petani di kawasan tersebut beralih profesi menjadi petambak dan mengubah lahan pertanian di kawasan pesisir pantai selatan menjadi tambak udang untuk memajukan ekonomi setempat. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Restorasi Gumuk Pasir juga menyasar tambak udang

Harianjogja.com, BANTUL — Bandel tak melakukan pembongkaran, dua pengelola tambak yang berada di kawasan zona inti gumuk pasir, Inkopad (Induk Koperasi Angkatan Darat) dan PT Idmira mendapatkan surat teguran I dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul. Surat itu dilayangkan oleh pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bantul, Selasa (1/11/2016) pagi.

Advertisement

(Baca Juga : RESTORASI GUMUK PASIR : Lokasi Sepi, SP II Hanya Ditempel di Rumah Warga)

Kepala Satpol PP Bantuk Hermawan Setiaji menuturkan surat teguran I itu merupakan langkah awal Pemkab Bantul dalam melakukan penertiban kawasan zona inti gumuk pasir yang terkait dengan keberadaan tambak udang. Dalam zona inti sendiri, setidaknya terdapat delapan petak tambak udang dengan luasan yang berbeda-beda.

Ia menambahkan, prosedur yang diberlakukannya dalam penertiban tambak udang itu tak jauh berbeda dengan prosedur yang dilakukannya kepada bangunan. Mulai dari surat teguran I-III hingga surat peringatan I-III.

Advertisement

“Kalau tak direspon juga, alat berat sudah kami siapkan untuk bongkar paksa,” tegas Hermawan.

Meski begitu, ia berharap pihak pengelola bisa menaati hasil musyawarah yang dilakukan bersama Pemkab Bantul beberapa waktu lalu. Ketika itu, pihak pengelola mengaku siap untuk membongkar sendiri tambak mereka.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif