Sport
Selasa, 1 November 2016 - 21:25 WIB

ISC A 2016 : Jelang Lawan Persib, Persija Fokus Pulihkan Mental

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemain Persija Jakarta mengikuti latihan dan uji coba lapangan di Stadion Manahan Solo, Jumat (11/12). Latihan tersebut digelar sebagai persiapan terakhir sebelum berlaga melawan Mitra Kukar pada pertandingan delapan besar Piala Sudirman 2015 pada Sabtu (12/12) di Stadion Manahan. (JIBI/Solopos/Ivanovich Aldino)

ISC A 2016 akan menyajikan duel Persija vs Persib.

Solopos.com, SOLO — Persija Jakarta fokus membenahi mental pemain jelang laga panas melawan Persib Bandung di Stadion Manahan, Sabtu (5/11/2016). Hal itu menyusul tiga kekalahan beruntun yang dialami Macan Kemayoran dalam Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016.

Advertisement

Terakhir, Greg Nwokolo dkk dibekuk Pusamania Borneo FC 0-2, Minggu (30/10/2016). Pelatih Persija, Mohammad Zein Al Haddad, menyadari mental pemain perlu dipulihkan agar Macan Kemayoran kembali merebut kemenangan. Tiga angka terakhir Persija diraih pada pertengahan Oktober 2016 saat mengalahkan PS TNI 2-1.

“Hari ini kami enjoy the game untuk persiapan besok [melawan Persib]. Fokusnya pemulihan mental,” ujar pelatih yang akrab disapa Mamak ini saat ditemui wartawan seusai latihan di Stadion Sriwedari, Selasa (1/11/2016).

Dalam sesi latihan, Mamak memberi sejumlah porsi latihan ringan pada Rodrigo Tosi dkk. Pelatih juga memberi motivasi untuk mengembalikan semangat pemain jelang “El Clasico” Indonesia melawan Persib. Mamak sengaja belum memberi latihan berat agar pemain tidak kaget.

Advertisement

“Kami melihat mental pemain sudah mulai pulih. Tadi mereka tampak gembira saat menjalani latihan,” ujarnya.

Mamak mengatakan Persib jelas bukan lawan ringan. Di klasemen sementara, Persib berada di posisi kesembilan sedangkan Persija masih berkutat di peringkat ke-14. Maung Bandung juga memiliki semangat berlipat ketika melawan Persija yang notabene musuh besarnya. Di sisi lain, Macan Kemayoran masih compang-camping karena ditinggal Gunawan Dwi Cahyo dan Andritany Ardhiyasa yang dipanggil Timnas.

Persija kemungkinan juga belum bisa menurunkan Ismed Sofyan dan Ramdani Lestaluhu karena cedera. “Kami tidak bisa menurunkan sekitar empat-lima pemain. Absennya sejumlah pilar tentu memengaruhi kekuatan tim. Namun kami bakal coba menutupi kekurangan itu,” ucap Mamak.

Advertisement

Pelatih memberi sinyal Vava Mario Yagalo atau Maman Abdurrahman akan dimainkan untuk mengganti peran Gunawan Dwi Cahyo. “Tinggal siapa yang fit nanti.”

Sementara itu Ketua Panpel Persis Solo, Heri “Gogor” Isranto, mengaku belum menerima izin pertandingan resmi dari polisi hingga Selasa siang. Namun dia memastikan laga Persija lawan Persib bakal digelar di Solo. “Mungkin izinnya turun besok. Yang jelas aparat sudah memberi lampu hijau,” ujar Gogor saat dihubungi Solopos.com.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif