Jatim
Selasa, 1 November 2016 - 09:05 WIB

DEMAM BERDARAH MADIUN : 29 Warga Terjangkit DBD, Dinkes Galakkan 3 M

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Demam berdarah Madiun kembali marak.

Madiunpos.com, MADIUN – Dua bulan terakhir, sedikitnya 29 warga di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, terserang penyakit demam berdarah.

Advertisement

Kepala Bidang Pencegahan Penyakit dan Upaya Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, Agung Tri Widodo, kepada wartawan di Madiun, Senin (31/10/2016), mengatakan maraknya warga yang terserang penyakit demam berdarah tersebut seiring mulai masuknya musim hujan.

Selain itu, curah hujan yang cukup tinggi selama musim kemarau basah berlangsung juga ikut memengaruhi penularan penyakit itu.

Untuk itu, kata dia, warga Kabupaten Madiun diminta lebih waspada dengan menjaga kebersihan lingkungan rumah dengan rajin melakukan pemberantasan sarang nyamuk.

Advertisement

“Warga diminta rajin melakukan pemberatasan sarang nyamuk dengan 3 M, yakni menguras, mengubur, dan menutup tempat-tempat air yang ada,” katanya.

Sesuai catatan, warga yang dirawat di rumah sakit akibat demam berdarah kebanyakan berusia anak-anak, namun ada juga yang dewasa.

Salah satunya adalah Ginteng Unggul Prabowo, warga Kelurahan Bangunsari, Kecamataan Dolopo, Kabupaten Madiun.

Advertisement

Bocah tersebut didiagnosa dokter terserang demam berdarah dan telah lima hari menjalani perawatan di RSUD Dolopo Kabupaten Madiun.

“Awalnya itu ia demam selama tiga hari. Hasil cek laboratorium diketahui trombosit anak saya menurun. Apalagi di lingkungan rumah juga ada yang terserang demam berdarah. Takut tambah parah, akhirnya dirawat di rumah sakit,” kata ayah Ginteng, Edy Sudjoko.

Saat ini kondisi anaknya sudah membaik.

Sementara, selain rajin melakukan pemberantasan sarang nyamuk, Dinkes Kabupaten Madiun juga mengimbau warga untuk waspada jika ada anggota keluarganya yang demam selama beberapa hari. Hendaknya segera dibawa ke puskesmas ataupun rumah sakit untuk mengetahui secara pasti sebab demamnya, sehingga dapat diselamatkan.

Advertisement
Kata Kunci : Demam Berdarah Madiun
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif