Jateng
Jumat, 28 Oktober 2016 - 09:50 WIB

ADIPURA 2017 : Begini Ikhtiar Salatiga Pertahankan Adipura…

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Penghargaan Adipura (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Adipura 2017 tetap menjadi incaran Kota Salatiga yang meraih penghargaan Piala Adipura Kirana pada tahun lalu lalu.

Semarangpos.com, SALATIGA – Pemerintah Kota (Pemkot) Salatiga bertekad mempertahankan prestasi dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan yang Juli 2016 lalu telah diganjar Piala Adipura Kirana. Demi mempertahankan prestasi itu, Pemkot Salatiga pun menggelar rapat koordinasi (rakor) khusus.

Advertisement

Adipura Kirana diberikan kepada kota yang mampu membuat wilayah attractive. Demi mempertahankan dan meningkatkannya, Pemkot Salatiga menggelar Rapat Koordinasi Program Adipura Tingkat Kota Salatiga Tahun 2016 di Kantor Badan Lingkungan Hidup Kota Salatiga, Kamis (27/10/2016).

“Tantangan ke depan adalah mempertahankan Adipura yang sudah diraih Kota Salatiga,” kata pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Salatiga Achmad Rofai mengingatkan peserta rakor kala ia membuka acara tersebut.

Achmad Rofai seperti dikutip dari salatigakota.go.id juga mengingatkan peran serta masyarakat sangatlah penting dalam upaya Kota Salatiga kembali meraih trofi Adipura. “Untuk itu, peran serta masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup sangatlah penting, tidak hanya untuk program Adipura, juga untuk keberlangsungan hidup seluruh makhluk hidup,” tambahnya.

Advertisement

Diakuinya, peran serta masyarakat kerap terlihat saat kerja bakti digelar di tingkat RT ataupun RW. “Namun sayangnya lebih banyak mandornya daripada yang bersih-bersih,” ujar Achmad Rofai diiringi tawa para tamu undangan.

Kegiatan tersebut dihadiri setidaknya 150 undangan dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan perusahaan swasta. Kegiatan ini juga diikuti peserta dari sekolah adiwiyata. Sekolah adiwiyata adalah sekolah dengan lingkungan yang sehat serta menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Pemkot salatiga dalam rakor khusus terkait upaya meraih Adipura pada 2017 mendatang itu menghadirkan tiga narasumber. Mereka adalah Kepala Bidang Inventarisasi Daya Dukung Daya Tampung Sumber Daya Alam Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Setyo Winarso, Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan Hidup Badan Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah Evi Darmiyanti, dan Kepala Kantor Lingkunan Hidup Kota Salatiga, Prasetyo Ichtiarto. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Advertisement

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif