Sport
Kamis, 27 Oktober 2016 - 00:00 WIB

ISC A 2016 : Pasoepati Tak Masalah Persija Vs Persib Digelar di Solo

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wakil Presiden Pasoepati, Ginda Ferrachtriawan (pegang mik). (pasoepati.net)

ISC A 2016 akan menyajikan laga Persija vs Persib.

Solopos.com, SOLO — Suporter fanatik Persis Solo, Pasoepati, siap mendukung laga panas Persija Jakarta kontra Persib Bandung yang dijadwalkan digelar di Stadion Manahan, Solo, 5 November 2016 mendatang. Kedua tim papan atas ini akan berduel dalam lanjutan ajang Indonesia Soccer Championship (ISC) A 2016.

Advertisement

Namun demikian, Pasoepati berharap kedua tim menghormati regulasi yang ada demi menjaga kondusivitas, terutama di Kota Solo. Sebelumnya, Panitia Pelaksana (Panpel) Persija sudah melayangkan surat resmi kepada Panpel Persis Solo soal pemakaian Stadion Manahan untuk laga kandang dalam dua partai, yakni kontra Pusamania Borneo FC, Minggu (30/10/2016), dan melawan Persib, 5 November 2016.

Khusus untuk pertandingan versus Persib, Maung Bandung, julukan Persib, tak diperkenankan membawa suporter (Viking) karena alasan keamanan. “Pada dasarnya kami tak masalah jika Kota Solo, yakni Stadion Manahan, akan dipakai Persija menjamu Persib. Namun demikian, mereka harus menghargai regulasi yang ada. Salah satunya adalah menjaga kondusivitas kota ini,” papar Wakil Presiden DPP Pasoepati, Ginda Ferachtriawan, kepada wartawan, Rabu (26/10/2016).

Hal ini tak terlepas dari adanya hubungan kurang harmonis antara fans Persija dan Persib. Di samping itu, Pasoepati berharap kedua tim juga menghargai Panpel setempat dengan menaati peraturan yang ada, khususnya soal keamanan.

Advertisement

“Pasoepati juga siap back up. Kami akan membantu baik pihak keamanan maupun Panpel. Namun demikian, kedua tim juga bisa menjamin tak akan ada masalah,” imbuhnya.

Sementara itu, Panpel Solo dan PT Gelora Trisula Semesta (GTS) masih menunggu perizinan secara resmi dari Polresta Solo selaku otoritas keamanan.

“Sebenarnya secara lisan pihak Polresta tidak mempermasalahkan laga tersebut dimainkan di Solo. Akan tetapi, semua harus ada pegangan resmi berupa surat rekomendasi dari Polresta. Surat itu juga akan dipakai oleh PT GTS untuk menyampaikan larangan tanpa penonton bagi Persib,” ungkap Ketua Panpel Persis Solo, Heri “Gogor” Isranto.

Advertisement

Menurutnya, seandainya partai tersebut tetap main di Solo, Panpel maupun pihak keamanan bakal bekerja ekstra. Berbagai antisipasi mesti dilakukan supaya Panpel tidak kecolongan. Antara lain, di setiap pintu masuk akan dipasang barikade. Selain itu, penonton yang masuk akan diperiksa lebih ketat.

“Namun demikian, terkait jumlah keamanan itu menjadi wewenang Polresta. Yang jelas, jumlahnya lebih banyak daripada laga Persija sebelumnya,” jelasnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif