Lifestyle
Selasa, 25 Oktober 2016 - 21:45 WIB

TIPS HIDUP SEHAT : Stres Hilang dalam 30 Detik, Begini Caranya…

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi stres (JIBI/Solopos/Dok.)

Tips hidup sehat ini membahas cara atasi stres dalam 30 detik.

 Solopos.com, SOLO — Stres sering dialami oleh orang dewasa. Hasil penelitian dari American Psychological Association mengatakan 33 persen boomers (orang berusia 48-66) dan 29 persen matures (orang berusia lebih dari 67 tahun) mengalami peningkatan stres dalam setahun terakhir.

Advertisement

Mengatasi stres sejatinya merupakan perkara mudah. Dikutip Solopos.com dari laman Huffington Post, Selasa (25/10/2016), Anda bisa melakukan hal-hal berikut untuk mengatasi stres dalam 30 detik:

Tertawa
Saat stres, tekanan darah akan meningkat, karena jantung bekerja ekstra untuk memompa darah. Nah, tertawa dapat menurunkan tekanan darah penyebab stres. Oleh sebab itu, ketika pikiran Anda kacau, cobalah untuk membaca atau mendengar cerita lucu dan tertawalah. Maka stres akan segera hilang.

Makan Buah Jeruk
Jeruk kaya akan vitamin C yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, vitamin C juga dapat meredakan stres. Peneliti mengatakan mengonsumsi vitamin C di saat stres dapat menurunkan tekanan darah dan menenangkan tubuh. Jadi, saat merasa cemas, makanlah satu buah jeruk dan buatlah diri Anda rileks.

Advertisement

Jalan-Jalan
Saat stres melanda, segeralah keluar ruangan dan hirup udara segar. Penelitian terbaru dari University of Edinburgh Inggris, menyatakan berjalan-jalan mengelilingi taman dapat meredakan stres. Penelitian lain dari University of Michigan Amerika Serikat juga menjelaskan melakukan aktivitas ringan di luar ruangan selama lima menit dapat meningkatkan mood.

Memakai Minyak Aroma Terapi
Sebuah studi dari Srinakharinwirot University di Thailand menyebutkan menggosok minyak aroma terapi membuat seseorang merasa lebih nyaman. Aroma terapi juga dapat mengontrol tekanan darah. (Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com)

 

Advertisement

 

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif