Sport
Selasa, 25 Oktober 2016 - 07:00 WIB

LIVERPOOL VS TOTTENHAM : Tantangan Ketajaman The Reds

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tottenham Hotspur vs Liverpool (Reuters/John Sibley)

Liverpool vs Tottenham tersaji di Piala Liga Inggris.

Solopos.com, LIVERPOOL — Tidak ada yang meragukan agresivitas Liverpool saat ini. Dengan gaya permainan heavy metal ala pelatih Jurgen Klopp, Liverpool menjelma sebagai tim tersubur dengan 20 gol bersama Manchester City di Liga Premier musim ini.

Advertisement

Klopp memiliki empat pilar yang menjadi penopang serangan timnya di lini depan, yakni Roberto Firmino, Philippe Coutinho, Sadio Mane, dan Adam Lallana. Kuartet Liverpool yang belakangan mulai populer dengan sebutan Fantastic Four tersebut telah menghasilkan 16 gol di musim ini.

Mereka juga mengemas sembilan gol lewat open play di Anfield pada Liga Premier musim ini. Namun, ketajaman Liverpool itu akan mendapat ujian ketika menjamu Tottenham Hotspur pada babak 16 besar Piala Liga Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Rabu (26/10/2016) pukul 01.45 WIB.

Berkebalikan dengan Liverpool yang menjadi tim tertajam, Tottenham merupakan tim paling minim kebobolan di Liga Premier musim ini. Gawang tim pasukan Mauricio Pochettino itu hanya kebobolan empat kali dalam sembilan laga! Menariknya, empat gol kebobolan itu tidak ada yang berasal dari open play.

Advertisement

Liverpool pun telah merasakan betapa susahnya merobek gawang tim-tim yang menerapkan strategi parkir bus. Di antaranya ketika mereka hanya bermain imbang tanpa gol melawan Manchester United dan menang tipis 2-1 atas West Bromwich Albion pekan lalu. Namun, Klopp  yakin Tottenham bukanlah tim yang memakai strategi parkir bus.

“Saya tahu beberapa orang bilang kami punya masalah dengan tim-tim yang melakukan strategi parkir bus, namun kami sudah menyiapkan sebuah rencana. Saatnya melihat ini di lapangan dan tentu harus berusaha, ini akan menjadi tantangan lain. Sekarang kami bermain melawan Tottenham, mereka banyak memarkir, namun bukan bus! Kami harus siap dengan pertandingan ini,” jelas Klopp, seperti dilansir Tribalfootball.com, Senin (24/10/2016).

Di sisi lain, barisan belakang Liverpool juga akan dijui pada laga ini. Gawang The Reds telah kebobolan 11 gol hanya dalam sembilan laga Liga Premier musim ini. Namun, Klopp tidak peduli dengan orang-orang yang mengkritik barisan belakang timnya. “Saya mendengar itu beberapa kali dan saya kehilangan respek dengan orang-orang yang mengatakan itu [bariasn belakang Liverpool bermasalah],” jelas dia, seperti dilansir Reuters.

Advertisement

Meski mengetahui lawan yang dihadapi begitu berat, Klopp sepertinya tetap akan melakukan rotasi saat menghadapi Spurs di Piala Liga ini. Maklum, jadwal yang padat di Liga Premier sudah cukup menguras tenaga Andam Lallana cs. Klopp diprediksi bakal memanfaatkan tenaga para pemain muda yang sebelumnya dimainkan Liverpool U-23, seperti Trent Alexander-Arnold, Marko Grujic, Kevin Stewart, Ovie Ejaria, dan Danny Ings.

Tak jauh berbeda dengan Klopp, Pelatih Tottenham, Maurico Pochettino, dipercaya akan melakukan rotasi dengan menurunkan beberapa pemain muda. Rotasi pemain itu sudah ditunjukkan Pochettino ketika timnya menghajar Gillingham 5-0 pada babak ketiga Piala Liga, September 2016 lalu. Penyerang Vincent Janssen yang jarang mendapat tempat di starling line-up pada pertandingan Liga Premier akan dipercaya menempati ujung tombak Tottenham di Anfield dini hari WIB nanti.

“Bagiku, mereka bukan anak-anak, mereka para pemain yang bisa tampil dan membuktikan bisa bersaing dan punya kualitas untuk tetap berada di skuat utama. Sama seperti ketika melawan Gillingham di White Hart Lane dan melawan Liverpool di Anfield nanti,” jelas Pochettino, seperti dikutip Thisisanfield.com.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif